Mengenal 5 Jenis Platform CMS Situs Website Paling Populer

Anda telah mengetahui jenis-jenis situs website Populer, kini Anda ingin tahu apa saja jenis-jenis platform situs website? Tenang karena di tulisan ini kami akan membahas tentang jenis-jenis platform website. Mungkin Anda telah mengenal atau sudah menggunakan platform website seperti WordPress, tapi sebenarnya ada banyak platform website yang bisa Anda gunakan loh. Penasaran apa saja jenis platform CMS website? Silahkan Anda baca tulisan ini hingga selesai.

Apa Itu Content Management System (CMS) ?

Content Management System (CMS) atau dalam Bahasa Indonesia Sistem Manajemen Konten adalah aplikasi perangkat lunak atau serangkaian program terkait yang digunakan untuk membuat dan mengelola konten digital. CMS dirancang untuk membantu pengguna membuat atau mengelola situs website, CMS membantu webmaster mengelola berbagai sumber seperti tipe konten dan berbagai data yang membentuk situs website modern.

Situs website modern memanfaatkan HTML, CCS, Javascript dan gambar untuk membuat konten situs website supaya di baca oleh penggunanya. Pada intinya CMS adalah kemampuan untuk mengatur sumber daya untuk menghasilkan konten yang valid dan relevan yang dapat dibaca oleh browser website. Pada umumnya situs website canggih memiliki komponen interaktif seperti bagian komentar, forum dan e-commerce yang memerlukan perangkat lunak server untuk memvalidkan serta menyimpan konten.

Jenis Platform CMS Website yang Paling Populer

Jika Anda sedang mencari tahu CMS paling populer, disini Anda akan menemukannya. Ada banyak pilihan Jenis Platform CMS Website yang dapat Anda pilih tergantung seberapa canggih Anda membutuhkan CMS. Berikut beberapa Jenis Platform CMS Website yang paling populer dan paling banyak digunakan. Sehingga Anda bisa memilih salah satu CMS yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. WordPress

Platform WordPress

WordPress merupakan alat yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah membangun situs website dan mempublikasikan konten secara online. Sejak diluncurkan pada tahun 2003 kini WordPress telah menjadi platform pembuatan situs website paling populer diseluruh dunia. Platform WordPress sangat populer untuk blogging dan CMS yang memiliki banyak fitur bermanfaat. Mengapa WordPress sangat populer dan banyak digunakan? Karena WordPress merupakan platform website yang menawarkan banyak kemudahan bagi penggunanya.

WordPress adalah CMS yang memungkinkan Anda untuk mengelola basis data informasi hampir semua jenis informasi. Seperti teks, gambar, video maupun audio, semua informasi tersebut kemudian dapat Anda tampilkan dan di format dengan cara yang Anda bisa. WordPress juga CMS yang sangat kuat, tidak kuat dalam kemampuan penyimpanan dan memanipulasi informasi saja, melainkan juga dalam kemampuan untuk menampilkan informasi di situs website dengan cara yang memungkinkan Anda membuat situs website yang indah, profesional dan juga fungsional.

Dengan fungsionalitas WordPress adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membangun hampir semua jenis situs website. Mulai dari situs website E-Commerce, situs web bisnis, dan tentu saja WordPress adalah platform yang akan selalu dikenal sebagai platform blogging yang fantastis.

2. Joomla

Platform Joomla

Joomla adalah CMS sumber terbuka yang dapat membantu Anda membangun situs website yang kuat. Joomla memiliki antarmuka intuitif yang dapat membantu Anda menggunakan fitur dan fungsinya secara maksimal. Joomla berhasil meraih popularitas besar dan berhasil tumbuh menjadi salah satu CMS yang bayak digunakan secara global. Hingga kini Joomla menjadi agen terbesar kedua di pasar CMS sejak diluncurkanya pada tahun 2005 yang lalu.

Hingga saat ini Joomla telah berhasil meraih banyak pengikut dan juga memiliki jutaan unduhan yang terus bertambah setiap harinya. Perangkat lunak ini ditujukan untuk pengguna pemula dan lanjutan, tetapi ini akan lebih sulit dibandingkan dengan menggunakan WordPress.

Joomla sendiri dapat Anda digunakan di semua jenis situs website yang akan Anda buat. Jika Anda membangun situs website dengan bertenaga Joomla, maka dapat berfungsi dalam banyak cara. Situs website yang bisa Anda bangun menggunakan Joomla antara lain seperti situs website toko online, portal direktori dan lain sebagainya.

3. Drupal

Platform Drupal

Mungkin Anda pernah mendengar tentang Drupal, tapi Anda tidak mengetahui apa itu Drupal? Drupal adalah CMS sumber terbuka yang dibangun dalam bahasa pemrograman PHP dan dirancang untuk membuat situs website untuk digunakan pada berbagai server website yang berbeda. Drupal sangat cocok untuk membangun situs website yang berukuran sedang hingga besar dengan fokus kepada skalabilitas masa mendatang. Ini bukan berarti Drupal tidak bisa digunakan untuk situs website yang lebih kecil, Drupal juga bisa digunakan untuk situs website yang lebih kecil.

Jika Anda membutuhkan situs website untuk mengirimkan konten dalam jumlah besar, maka Drupal adalah pilihan yang tepat. Karena Drupal adalah CMS yang hebat dalam menyimpan, mengelola serta mempublikasikan konten dengan jumlah yang besar. Perangkat lunak ini dilengkapi dengan instalasi dasar yang sangat ramping dan juga dapat diperpanjang sedikit dengan modul.

4. Typo3

Platform Typo3

Typo3 didasari pada bahasa Scripting PHP, sebagai database MySQL tapi bisa juga digunakan sebagai PostgreSQL atau Oracle. Typo3 adalah solusi untuk portal perusahaan besar dan platform E-Commerce. Typo3 didukung oleh dua tim yaitu untuk setiap versi 4 dan untuk versi 5. Ada banyak fungsi yang dapat diintegrasikan dengan ekstensi Pemrograman sendiri tanpa menulis kode.

Menggunakan CMS berkinerja tinggi secara profesional akan membutuhkan Ahli, dengan ini bahkan struktur situs website yang kompleks dengan konten multibahasa dapat diimplementasikan dengan baik. Pada dasarnya fungsi yang ditawarkan oleh Typo3 memungkinkan untuk mengimplementasikan segala jenis proyek online. Tapi Anda harus tahu ini, bahwa Typo3 datang dengan biaya yang cukup mahal untuk instalasi, konfigurasi dan pemeliharaan.

5. Magento

Platform Magento

Jika Anda membutuhkan situs website E-Commerce yang berkinerja tinggi dan dapat diukur atau pun situs web untuk bisnis online skala besar Platform Magento cocok untuk Anda. Magento menawarkan fleksibilitas, fitur SEO canggih, produk real-time dan pelacakan penjualan dipasangkan dengan kemampuan untuk terhubung dengan vendor pihak ke-3 untuk menjaga hubungan dan meningkatkan penjualan. Platform ini juga sangat ramah seluler dan juga penuh dengan fitur yang bermanfaat untuk e-merchant serta pelanggan online seperti kupon digital dan promosi.

Sebelum memutuskan untuk membuat situs web dengan platform yang cocok dengan bisnis Anda. Memilih platform situs website adalah cara yang penting untuk kehadiran online Anda. Platform situs website pada dasarnya adalah dimana situs website Anda dibangun. Platform merupakan pondasi kesuksesan situs website Anda, untuk itu Anda harus memilih platform situs website dengan CMS.

CMS memungkinkan Anda untuk membuat dan memperbarui halaman situs web tanpa harus tahu bahasa kode situs web. Memperbarui atau membuat halaman situs web dalam CMS.

Jika Anda saat ini ingin membuat situs website profesional dan fungsional, kami dapat membantu. Kami adalah Jasa Bikin Website Murah yang siap membangun dan merancang situs website Anda dengan berbagai jenis platform yang cocok dengan bisnis Anda. Bicarakan kebutuhan situs website Anda dengan tim kami di 082310361484 & 08170133458.

× Butuh Bantuan, chat Kami sekarang