Memahami Strategi Kata Kunci 2020

Cara Memahami Tipe Kata Kunci

Apa itu research keyword atau penelitian kata kunci dalam SEO?

Research Keyword atau penelitian kata kunci adalah proses dimana Anda melakukan penelitian istilah pencarian populer yang diketik oleh orang di mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo. Kata kunci yang berhasil Anda dapatkan dari penelitian kata kunci, Anda bisa memasukkanya secara strategis ke dalam konten yang Anda buat.

Sehingga konten Anda dapat muncul lebih tinggi di halaman hasil pencarian (SERP). Research keyword merupakan praktik mendasar dalam Search Engine Optimization (SEO). Proses riset kata kunci yaitu melibatkan memilih topik untuk konten situs website yang berfokus pada serangkaian kata kunci yang Anda targetkan yang Anda inginkan untuk peringkat konten Anda.

Sejarah riset kata kunci telah dilakukan SEO sejak tahun 2005. Sekarang ini mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo sangat memprioritaskan konten yang Anda tulis dengan baik relevan dengan maksud pencarian saat memberikan peringkat konten. Sekarang ini untuk mengarahkan lalu lintas yang ditargetkan masuk ke situs website, Anda perlu memahami strategi kata kunci dan juga algoritma Google terbaru. Karena kini taktik riset kata kunci telah beradaptasi dan terus beradaptasi dengan algoritma Google yang selalu berubah.

Pada umumnya riset kata kunci akan di lakukan pada tahap awal optimasi SEO pada situs website Anda. Ini bertujuan untuk memperkuat pondasi konten situs website Anda di masa mendatang. Anda dapat menggunakan kata kunci dari hasil penelitian kata kunci yang telah Anda lakukan untuk membantu Anda menemukan ide konten yang akan Anda tulis.

Dan juga untuk membantu Anda untuk memutuskan cara memberi nama fitur produk atau layanan Anda, serta untuk mengoptimalkan situs website setelah dipublikasikan. Jika ingin melakukan penelitian kata kunci untuk bisnis Anda, ada baiknya Anda membaca artikel ini yaitu memahami strategi kata kunci hingga selesai.

Memahami Strategi Kata Kunci Dengan Tepat

Mungkin strategi kata kunci pada tahun lalu-lalu biasanya berkisar mengisi konten (seberapa sering Anda menempatkan kata kunci dalam konten Anda). Dengan istilah pencarian spesifik yang dicari oleh orang untuk mendorong halaman Anda secara artifisial di halaman satu mesin pencari. Ini bekerja dengan baik 10 tahun yang lalu, tapi kini mesin pencari telah berevolusi dan telah meluncurkan perubahan algoritma setiap waktu.

Anda harus tahu bahwa pendekatan ini tidak lagi berfungsi, bahkan ini dapat menyebabkan peringkat halaman konten Anda lebih rendah. Karena kini Google telah mengutak-atik algoritma pencariannya dengan tujuan memberikan hasil pencarian yang lebih baik dan relevan kepada penggunanya.

Di artikel ini kami akan membahas bagaimana mesin pencari bekerja lebih detail. Tetapi kami hanya memberi Anda gambaran dasar umumnya saja. Dibawah ini sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan tentang pencarian Online.

  1. Beberapa tahun terakhir ini orang-orang telah menggunakan perangkat mobile yang terhubung dengan internet. Mereka memanfaatkan perangkat mobile nya untuk mencari berbagai informasi, produk dan layanan di mesin pencari. Yang memungkinkan mereka untuk mencari menggunakan bahasa alami yang bisa berbeda dengan cara mereka mengetik pertanyaan.
  2. Saat ini Google menawarkan jawaban langsung melalui kotak jawaban dari situs website yang biasanya dioptimalkan dengan baik melalui konten yang relevan.
  3. Kata kunci yang terkait secara semantik menjadi penting dan Anda tidak bisa lagi mengoptimalkan konten untuk satu frase target. Kini sangat penting bahwa Anda harus memasukkan beberapa frasa terkait dalam semua strategi kata kunci Anda.

Cara Memahami Tipe Kata Kunci

Memahami Strategi Kata Kunci juga akan mengajarkan Anda untuk mengetahui tipe kata kunci. Jika Anda akan melakukan riset kata kunci, Anda harus memahami bagaimana kata kunci diklasifikasikan . Anda harus tahu bahwa kata kunci dapat digambarkan sebagai kata kunci kepala, badan dan ekor panjang. Berikut beberapa cara memahami tipe kata kunci:

  1. Kata Kunci Kepala, tipe kata kunci ini biasanya berisi satu atau dua kata yang relevan dengan volume pencarian yang tinggi.
  2. Kata Kunci Badan, Sedangkan tipe kata kunci ini berisi dua hingga tiga frasa kata dan akan relevan dengan volume pencarian sedang, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.
  3. Kata Kunci Ekor Panjang, biasanya berisi empat atau lebih dan hanya relevan dalam volume pencarian rendah.

Tapi perlu Anda ketahui faktor penting dari penggunaan kata kunci seperti seberapa spesifik kata kunci Anda. Semakin spesifik frasa tersebut, semakin baik pula peluang konversi. Kami berikan contohnya kepada Anda:

  1. Apabila Anda mencari kata kunci “kolam renang” maka Anda akan mendapatkan Sekitar 78.100.000 hasil (0,66 detik).
  2. Apabila Anda mencari kolam renang terdekat dan murah Anda akan menghasilkan pencarian Sekitar 7.490.000 hasil (0,56 detik)
  3. Apabila Anda mencari pembuatan kolam renang 2020 Anda akan mendapatkan Sekitar 2.930.000 hasil (0,47 detik)

Tentunya itu hasil pencarian pada saat artikel ini dibuat. Untuk konten Anda menempati halaman pertama mesin pencari dan mendapatkan pengunjung potensial, Anda harus memikirkan ini. Semakin spesifik frasa kata kunci Anda, semakin besar kemungkinan pengunjung Anda menginginkan apa yang Anda tawarkan. Apabila Anda terlalu samar menggunakan kata tunggal umum, maka halaman konten Anda akan bersaing dengan ribuan situs website lain. Ini berarti Anda akan sulit untuk menempati peringkat tertinggi di mesin pencari.

Baca juga: Layanan SEO Per Keyword

Kata Kunci Terkait

Selain melakukan riset kata kunci menggunakan alat yang telah Google sediakan. Mungkin Anda sering mendengar riset kata kunci semantik laten. Kata kunci semantik laten adalah kata kunci yang terkait dengan pencarian orang lain atau seperti mesin pencari yang menggunakan asosiasi kata untuk membantu apa yang sebenarnya dicari orang.

Kami berikan contohnya seperti ini, Anda mencari kata “Novel” nantinya mesin pencari akan menggunakan konteks yang disediakan oleh istilah pencarian lain yang masih terkait dengan apa yang Anda cari, misalnya saja tentang novel romantis atau kumpulan novel. Jika Anda ingin ditemukan oleh pengunjung Anda menggunakan kata kunci tertentu, Anda perlu menggunakan strategi riset kata kunci ini. Anda bisa melakukan penelitian kata kunci terkait yang relevan untuk di gunakan sebagai ide konten Anda. Anda dapat menggunakan kata kunci terkait yang ditampilkan oleh mesin pencari Google dibagian bawah halaman hasil pencarian.

Memahami Strategi Kata Kunci

Nah itulah pembahasan tentang memahami strategi kata kunci yang mungkin akan membantu Anda sebelum melakukan riset kata kunci. Tetapi jika Anda tidak ingin repot-repot melakukan riset kata kunci sendiri, Anda bisa langsung menghubungi kami untuk melakukannya. Kami siap membantu Anda untuk mendapatkan kata kunci yang relevan, tentunya sesuai dengan penjualan bisnis Anda, hubungi kami sekarang!

× Butuh Bantuan?