Apa Perbedaan WordPress.com VS WordPress.org?

Apa perbedaan Antara WordPress.com vs WordPress.org? Jawabannya sederhananya WordPress.com gratis sedangkan WordPress.com tidak, Anda harus membeli hosting untuk situs web Anda. WordPress.com memiliki fitur yang terbatas dan juga situs web memiliki subdomain yang terlihat tidak profesional. Sedangkan WordPress.org memiliki banyak fitur yang memungkinkan situs website dapat bekerja dengan baik dengan nama domain yang bisa disesuaikan dengan bisnis atau perusahaan Anda.

WordPress Adalah platform CMS paling populer dan memiliki pengguna terbanyak di seluruh dunia. WordPress memiliki dua versi yaitu WordPress.com dan WordPress.org keduanya memiliki beberapa perbedaan. Ada telah mengetahui apa itu WordPress, Anda juga harus tahu perbedaan WordPress.com vs WordPress.org supaya Anda tidak bingung ketika Anda akan membuat situs web WordPress.

Mungkin Anda sering mendengar WordPress, tapi Anda tidak tahu bahwa WordPress memiliki dua versi. Untuk menjawab rasa penasaran Anda, kami telah menyiapkan penjelasan perbedaan WordPress.com vs WordPress.org di tulisan ini yang bisa Anda baca hingga selesai. Tidak perlu berlama-lama, mari kita masuk ke pembahasan.

Apa itu WordPress.com?

Apa Itu WordPress.com

WordPress.com adalah platform all in one dimana Anda membuat situs website Anda. Untuk membangun blog atau situs website ini gratis, Anda tidak memerlukan hosting eksternal atau nama domain eksternal. Untuk memulai Anda cukup daftar di WordPress.com, daftarkan akun Anda dan mulai membangun situs web atau blog Anda.

Yang lebih menyenangkan menggunakan WordPress.com selain gratis adalah Anda tidak perlu mendownload dan menginstal perangkat lunak, Anda tidak perlu membeli hosting dan juga tidak membeli nama domain. Jadi jika Anda ingin membuat situs web secara gratis, WordPrss.com bisa menjadi pilihan. Tapi perlu diingat bahwa WordPress.com lebih sedikit kebebasan.

Apa itu WordPress.org?

Apa Itu WordPress.org

WordPress.org adalah perangkat lunak situs website atau blog open source WordPress. Sebenarnya perangkat lunak ini tidak membebani biaya apapun, tapi Anda harus memiliki akun hosting atau membeli hosting untuk mengoperasikannya situs web Anda. Untuk memulai membuat situs website, Anda harus mendownload dan menginstal perangkat lunak ini pada hosting website. Banyak dari klien kami yang menghubungi tim dan mengatakan “WordPress” sebenarnya yang mereka maksud adalah WordPress.org bukanlah WordPress.com.

Jika Anda membangun situs website dengan platform WordPress.org maka Anda harus menggunakan hosting sendiri, yang lebih menyenangkan dari WordPress.org adalah Anda bisa menggunakan nama domain sesuai dengan keinginan Anda. Untuk menjaga keamanan dan semua apek situs website Anda, Anda harus memilih perusahaan yang menyediakan hosting berkualitas tinggi. WordPress.org juga memberikan cukup kebebasan untuk Anda menyesuaikan situs website Anda.

Jadi, Apa Perbedaan WordPress.com VS WordPress.org?

WordPress.com vs WordPress.org

Meskipun sama-sama WordPress, namun keduanya merupakan entitas yang terpisah. Jika WordPress.com adalah bisnis nirlaba milik Automattic yang menggunakan WordPress, perangkat lunak sumber terbuka. Sedangkan WordPress.org adalah perangkat lunak sumber terbuka yang di kelola oleh yayasan WordPress Nirlaba.

Perbedaan utama dari keduanya adalah jika WordPress.com gratis, Anda tidak perlu membeli hosting dan mana domain serta Anda tidak perlu mendownload dan menginstal perangkat lunak ke server. Sedangkan WordPress.org Anda harus membeli hosting, nama domain dan juga mendownload dan menginstal perangkat lunak di server Anda.

Berikut beberapa perbedaan WordPress.com vs WordPress.org yang harus Anda ketahui:

WordPress.com

  1. Platform sepenuhnya dihosting, WordPress.com menghosting blog atau situs web Anda gratis. Tapi kekurangan dari WordPress.com ruang atau memori situs website Anda sangat dibatasi tidak boleh lebih dari 3GB.
  2. Subdomain, Menggunakan WordPress.com Anda akan mendapatkan subdomain secara gratis. Tapi jika Anda ingin menggunakan nama domain khusus, Anda dapat beralih ke paket premium untuk mendapatkan nama domain sesuai dengan keinginan.
  3. Keamanan dasar dan cadangan serta pemeliharaan WordPress.com menangani semuanya sendiri dengan beberapa Plugin bawaan.
  4. Tema WordPress.com, Jika Anda menggunakan WordPress.com Anda dapat menggunakan berbagai tema lebih dari 100 tema gratis dan juga lebih dari 200 tema premium, tapi Anda tidak bisa menggunakan tema khusus.
  5. Kustomisasi Desain, Anda bisa membuat kustomisasi dasar pada situs web Anda, tapi jika Anda ingin menyesuaikan dengan apa yang Anda inginkan, maka Anda harus meningkatkan ke versi berbayar.
  6. Plugin Terbatas, Di WordPress.com ada Plugin bawaan secara default untuk fitur seperti, statistik, berbagi, komentar dan lain-lain. Tapi apabila Anda ingin lebih banyak fungsi, Anda tidak dapat mengintal plugin dari pihak ketiga.
  7. Tidak Ada iklan, Anda tidak dapat menambahkan iklan Anda sendiri di situs website Anda, Tetapi WordPress.com menampilkan iklan di situs web Anda. Jika Anda tidak mereka menampilkan iklan di situs web Anda, Anda harus meningkatkan ke paket premium. Di paket premium memungkinkan Anda dapat menambahkan iklan Anda sendiri. Tapi untuk iklan seperti Google AdSense tidak diizinkan.

WordPress.org

  1. Platform Self-Host, Karena WordPress.org harus membeli hosting, maka Anda harus mencari perusahaan web hosting untuk membeli hosting. Untuk ruang situs web sendiri, sesuai dengan jenis hosting yang dibeli.
  2. Domain khusus, Untuk nama domain situs web, Anda perlu mendapatkan domain khusus sendiri. Mungkin Anda perlu membayar biaya tambahan untuk nama domain Anda, tapi ini tergantung dari penyedia hosting yang Anda pilih.
  3. Keamanan situs web, Pencadangan da Pemeliharaan situs web, Anda harus mengurus sendiri aspek-aspek ini. Tapi jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri Anda dapat meminta bantuan hosting pihak ketiga.
  4. Banyak Tema, Ada lebih dari 4000 tema WordPress gratis, Anda dapat menggunakan tema khusus yang disediakan oleh WordPress.org atau dari penyedia tema lainnya.
  5. Tidak terbatas untuk kostomisasi desain, Anda memiliki kontrol penuh atas situs web Anda. Anda dapat menggunakan tema apa saja dan menyesuaikan dengan cara apa saja yang Anda inginkan atau Anda juga membangun tema sendiri dengan PHP dan CCS.
  6. Plugin tidak terbatas, Anda dapat menginstal plugin gratis atau premium sesuka Anda dan juga dapat memperluas fungsionalitas situs web Anda.
  7. Beriklan dan menghasilkan uang, tampilkan sebanyak mungkin iklan yang Anda inginkan dari jaringan iklan manapun untuk menghasilkan lebih banyak uang. Memiliki iklan dari pihak ketiga seperti iklan Google AdSense juga sangat bagus.

Itulah 7 perbedaan WordPress.com vs WordPress.org, kini Anda sudah mengetahui perbedaan dari keduanya dan saatnya Anda menentukan pilihan WordPress.com atau WordPress.org untuk situs website Anda.

Apa yang Harus Anda pilih?

Jika Anda ingin situs web Anda menghasilkan uang lebih banyak dan terlihat lebih profesional untuk bisnis Anda. Menggunakan WordPress.org adalah pilihan yang sangat tepat. Konsumen Anda akan lebih percaya terhadap situs web yang di bangun menggunakan WordPress.org dibandingkan menggunakan WordPress.com. Mereka akan berpikir bahwa bisnis Anda tidak profesional karena menggunakan situs web gratisan, bagaimana Anda akan memberikan yang terbaik kepada mereka, jika situs website Anda saja gratisan.

Jadi, jika Anda ingin memulai situs web untuk bisnis, perusahaan atau untuk menghasilkan uang, Anda dapat memilih WordPress.com untuk situs web Anda. Untuk membuat situs web WordPress.org kami jasa pembuatan website WordPress dapat membantu. Serahkan pembuatan situs web WordPress.org Anda kepada kami, Anda dapat mempercayakan situs web Anda di tangan seorang desainer grafis yang telah berpengalaman. Kami memastikan Anda akan memiliki situs web yang sangat menarik dan menghasilkan.

Kami sangat ahli dalam mengembangkan dan membangun strategi SEO yang efektif, mendapatkan peringkat, mencapai target pasar Anda, mempromosikan produk dan layanan Anda dengan cara yang menghasilkan prospek yang dapat dikonversi. Untuk memesan layanan pembuatan website di tempat kami Anda dapat menghubungi di 082310361484 & 08170133458.

Jika Anda sudah memiliki situs website WordPress, mungkin artikel dibawah ini dapat membantu untuk lebih meningkatkan kinerja WordPress Anda.

  1. 11 Tips untuk Meningkatkan Kinerja WordPress
  2. Cara Tambah Plugin di Website platform WordPress
× Butuh Bantuan, chat Kami sekarang