Mengenal Digital Marketing, Definisi Dan Manfaatnya

Perkembangan teknologi yang semakin maju mempengaruhi berbagai bidang seperti bisnis. Pemasaran digital telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling populer dan dipilih pada saat ini. Semua pebisnis memanfaatkan digital marketing untuk menumbuhkan dan mengembangkan bisnis mereka.

Untuk mengenal dan memahami pentingnya digital marketing untuk masa depan pemasaran bisnis Anda, Ini akan sangat membantu Anda untuk memikirkan interaksi audiens Anda. Apa yang perlu Anda pahami dan kelola untuk lebih meningkatkan pemasaran bisnis Anda. Digital marketing  membantu para pebisnis untuk meningkatkan keuntungan bisnisnya dengan cara mempromosikan produk atau layanan melalui internet.

Kita tau bahwa penggunaan internet saat ini menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan, banyak orang menggunakan internet untuk menyelesaikan pekerjaannya maupun untuk keperluan lainnya. Dengan banyaknya pengguna internet di dunia, ini menjadi peluang untuk para pebisnis untuk melakukan pemasaran produk atau layanan melalui internet.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan pemasaran digital untuk bisnis Anda. Karena kemudahan untuk melakukan pemasaran digital yang hanya memanfaatkan internet untuk mempromosikan bisnis Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Anda tidak hanya mempromosikan bisnis Anda dilingkungan rumah atau hanya di satu daerah saja, melainkan Anda dapat mempromosikan bisnis Anda ke seluruh wilayah Indonesia dengan pemasaran digital.

Definisi Digital Marketing

Digital Marketing

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah istilah luas yang mencangkup semua metode pemasaran yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis, produk atau layanan di internet dan juga di perangkat elektronik seperti TV, Smartphone serta papan iklan elektronik. Penggunaan internet, teknologi serta media digital dalam mendukung pemasaran modern, ini juga disebut sebagai digital marketing, pemasaran internet, pemasaran elektronik.

Apabila Anda melakukan digital marketing untuk bisnis, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih cepat dibanding Anda melakukan pemasaran tradisional. Perbedaan antara digital marketing dengan pemasaran tradisional adalah cara pemasaran digital dilakukan secara eksklusif via digital dan ini memberi Anda lebih banyak pemantauan, data dan juga alat untuk menganalisis efektivitas promosi.

Sedangkan pemasaran tradisional dilakukan dengan perangkat digital yang belum tentu terhubung dengan internet. Jadi perbedaan utamanya antara keduanya adalah terletak dari saluran pemasaran-nya. Jika digital marketing memanfaatkan internet untuk mempromosikan produk atau layanan sedangkan dengan pemasaran tradisional menggunakan perangkat yang tidak terhubung dengan internet.

Tidak hanya untuk mempromosikan produk atau layanan melalui internet, tetapi digital marketing juga dilaksanakan untuk meningkatkan penjualan, branding dan juga menjangkau jutaan konsumen. Dengan memanfaatkan pemasaran digital Anda dapat mendapatkan lebih banyak konsumen dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia serta meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Karena saat ini penggunaan internet sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang, Anda dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda dengan strategi pemasaran digital yang tepat. Anda dapat menggunakan jenis pemasaran digital untuk mempromosikan produk atau layanan yang akan Anda promosikan. Anda dapat menyesuaikan jenis pemasaran digital apa yang cocok dengan bisnis Anda dan juga mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Manfaat Digital Marketing

Jika Anda sudah tau definisi digital marketing, sekarang Anda perlu mengetahui manfaat dari digital marketing untuk mempromosikan bisnis Anda. Pemasaran digital banyak memiliki kelebihan bagi para pebisnis, berikut ini beberapa kelebihan dari digital marketing yang harus Anda ketahui.

  1. Membantu meningkatkan penjualan lebih tinggi, Kita tau bahwa pemasaran digital mampu menjangkau pasar lebih luas, tidak ada batasan waktu dan jarak.
  2. Membantu penjual untuk memberikan kualitas pelayanan kepada konsumen secara nyata.
  3. Membantu meningkatkan jaringan penjualan bisnis serta langsung menghubungkan penjual dengan konsumen
  4. Dengan penggunaan perangkat ponsel pintar dapat menghubungkan penjual dan konsumen dimanapun dan kapanpun tanpa batas waktu dan jarak.
  5. Pemasaran digital melalui internet tidak memerlukan biaya yang banyak, pemasaran digital melalui internet lebih hemat dibandingkan dengan pemasaran tradisional.
  6. Sarana untuk branding dan dapat membantu mempertahankan posisi merek di hati konsumen.
  7. Memberikan kesempatan pengusaha kecil untuk bersaing dengan Perusahaan yang sudah besar.

Saluran-Saluran Digital Marketing Melalui Internet

Setelah mengetahui manfaat digital anda juga perlu tau bahwa Digital marketing online memiliki beberapa saluran yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Berikut ini beberapa saluran digital marketing online.

1.Pemasaran Website

Pemasaran produk atau layanan bisa menggunakan media Website untuk mempromosikan bisnis Anda tanpa batas waktu dan jarak. Situs Website merupakan fokus utama dari semua kampanye digital marketing. Website adalah saluran yang paling kuat untuk mempromosikan bisnis Anda di internet, situs Website Anda haruslah mewakili merek, produk atau layanan Anda dengan cara sebaik mungkin. Situs Website Anda harus cepat Mobile Friendly dan mudah digunakan di berbagai perangkat.

Jika Anda sudah memiliki situs Website cepat dan responsive, langkah berikutnya adalah merancang strategi pemasaran digital dan mempromosikan situs Website dan konten Anda dengan tujuan mendapatkan lebih banyak pengunjung dan pelanggan,

2. SEO (Search Engine Optimization)

Anda sudah memiliki situs website Responsive, maka Anda perlu mengoptimalkan situs Website Anda di mesin pencari. SEO adalah proses mengoptimalkan situs website Anda untuk mesin pencari, tujuan dari SEO adalah untuk membantu untuk meningkatkan peringkat situs website untuk menempati halaman satu google. Serta membantu untuk meningkatkan lalu lintas organik dari google. Anda dapat menggunakan jasa SEO untuk membantu anda meningkatkan peringkat situs website Anda.

3. Iklan Bayar Per Klik (PPC)

Iklan berbayar PPC membantu untuk bisnis anda menjangkau pengguna internet di sejumlah jaringan. Anda dapat menggunakan iklan berbayar PPC seperti Iklan Google, iklan facebook, maupun iklan instagram. PPC dapat menjangkau konsumen tertarget karena dapat diatur dengan karakteristik demografis yang di tentukan oleh Anda. Istilah dari bayar per klik adalah setiap pengguna mengeklik iklan Anda, maka Anda membayar biaya iklan kepada penyedia iklan.

4. Pemasaran Media Sosial

Anda dapat menjangkau orang-orang dengan jaringan media sosial baik dengan pemasaran konten (posting konten) atau dengan menggunakan iklan berbayar. Anda dapat mendapatkan konsumen tertarget Anda dengan mengatur karakteristik dari pengguna media sosial tersebut.

Demikian informasi tentang digital marketing yang dapat menjangkau pasar luas serta dapat meningkatkan penjualan.

Jika anda membutuhkan layanan Jasa Digital Marketing Profesional, untuk meningkatkan bisnis anda, kami siap untuk mewujudkan impian anda. Hubungi Tim kami hari ini dan bicarakan kebutuhan digital marketing anda.

× Butuh Bantuan?