Beranda » Tutorial Blog » Tutorial Memasang Plugin AMP WordPress

Tutorial Memasang Plugin AMP WordPress

T Diposting oleh pada 11 November 2019
F Kategori
b Komentar Dinonaktifkan pada Tutorial Memasang Plugin AMP WordPress
@ Dilihat 78 kali

Tutorial Memasang Plugin AMP WordPress. Kamu pernah ingin memasang plugin AMP wordpress tapi gagal, yuk baca panduan cara pemasangannya disini. Saat sedang membuka sebuah situs website pastinya menginginkan akses yang cepat tanpa harus menunggu loading yang lama dan memakan waktu. Apalagi saat ini penggunaan smartphone atau mobile lebih dominan untuk segala aktivitas yang menggunakan jaringan internet untuk mengakses informasi yang dibutuhkan oleh para pengguna perangkat tersebut.  Maka dari itu saat ini google memasukkan kriteria website haruslah mobile friendly guna meningkatkan rangking pada sebuah website dan juga memudahkan pengguna mobile untuk mengakses sebuah situs website.

Kecepatan dalam membuka sebuah situs website juga sangat penting diperhatikan disini, dengan demikian google sangat menyarankan sebuah situs website harus memiliki kecepatan yang maksimal saat diakses oleh pengguna mobile. Solusi untuk meningkatkan kecepatan sebuah situs website adalah dengan menggunakan Plugin AMP. Google selain memperkenalkan Progressive Web Apps (PWA) juga memperkenalkan Accelerated Mobile Page (AMP).  Karena load website sangat berpengaruh dalam perkembangan website maka dari itu Kami disini akan membahas AMP yang sangat bermanfaat untuk WordPress.

Apa Itu AMP?

AMP atau Accelerated Mobile Pages adalah teknologi  perangkat lunak yang dikeluarkan dan dikembangkan oleh google yang merupakan menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kecepatan laod website. AMP itu sendiri merupakan program open source dari google dengan tujuan untuk memberikan atau meningkatkan kecepatan internet lebih cepat dan lebih baik saat di akses melalui perangkat seperti smartphone. Peluncuran AMP sendiri belum terlalu lama yaitu pada tahun 2016.

Pada dasarnya google AMP adalah mengoptimalkan kode HTML dan CSS untuk disimpan dengan bentuk cache. Dimana saat perangkat mobile mengakses tidak perlu melakukan pengunduhan data secara berulang. Apabila akses ingin lebih cepat penggunaan JavaScript memerlukan library JavaScript untuk memberikan berbagai pilihan kode yang bisa digunakan pada website AMP. Perlu diketahui bahwa AMP hanya berjalan pada perangkat smartphone atau mobile sedangkan pada desktop tampilannya akan tetap sama.

Bagaimana Cara Kerja AMP?

Fungsi dari HTML AMP adalah untuk meminimalisir penggunaan pada tag JavaScript untuk mendorong keutamaan penggunaan mobile. Bisa dikatakan bahwa HTML AMP bekerja untuk mengecilkan ukuran HTML yang menyesuaikan gambar dan CSS. AMP JavaScript juga berfungsi untuk mempercepat akses pada metode asynchronous di perangkat mobile dan AMP CDN berfungsi untuk menyimpan data yang berbentuk cache.

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam penggunaan AMP supaya dapat berjalan dengan baik, yaitu dengan menggunakan CSS dan kode JavaScript pada library yang dikhususkan untuk AMP. Yang sebelumnya perlu divalidkan AMP nya dengan benar Guna website AMP bekerja dengan baik. Setelah mengetahui definisi dan cara kerja AMP kini Kami akan memberikan tutorial pemasangan Plugin AMP pada WordPress.

Bagaimana Cara Install  Plugin AMP WordPress?

Pastinya Anda bertanya bagaimana cara Install Plugin AMP WordPress bukan? Untuk menggunakan Plugin AMP WordPress Anda haruslah pengguna atau pemilik dari website dengan CMS WordPress. Jika Anda belum memiliki website Anda bisa membuat website kepada ahlinya Jasa Pembuatan Website Terpercaya untuk memiliki website SEO Friendly, profesional, responsive dan mobile friendly. Dengan website yang dibuat oleh ahlinya akan mudah untuk di temukan oleh konsumen anda.Nah Berikut ini adalah cara menginstall Plugin AMP WordPress, Anda bisa membacanya dan ikuti cara-caranya di bawah ini.

1.Login Ke Website WordPress Anda

Login WordPress

Langkah pertama adalah dengan login ke akun  WordPress, cara login nya adalah Anda bisa menggunakan nama domain website Anda misalnya seperti ini, namadomain.com/wp-admin lalu Anda tulis username dan password Anda lalu klik “Login” setelah itu Anda menuju halaman dashboard website WordPress.  

2. Memasang AMP WordPress Anda

Setelah itu Anda tertuju di halaman dashboard wordpress yang disitu ada beberapa menu seperti Posts, Media, Pages, Comment, Appearance, Plugin dan sebagainya Anda  pilih atau klik “Plugin” lalu klik “Add New”  Anda tulis AMP di pencarian yang terletak di pojok kanan atas setelah itu tampilan akan berubah dan muncul tulisan AMP, lalu Anda pilih Plugin “AMP For WP” yang berwarna merah dan klik “Install Now” lalu “Active”.

3. Setting Plugin AMP WordPress Anda

Langkah berikutnya adalah dengan melakukan setting AMP. Pada halaman dashboard WordPress, Anda klik menu “AMP” setelah terbuka akan ada 4 Pilihan menu  Anda klik “Setting” lalu mulai dengan instalasi Plugin AMP WordPress kemudian Anda pilih “General” setelah itu Anda pilih bagian mana yang ingin Anda tampilkan dengan AMP jika sudah silahkan Anda klik “Save Changes” di bagian bawah.

4. Atur Redirect AMP WordPress

Setting Redirect AMP WordPress

Langkah terakhir adalah dengan mengatur Redirect karena pengaturan Redirect tidak bisa otomatis sehingga harus manual di setting nya. Anda perlu memasuki menu “General” kemudian Anda pilih “Advance Setting”  kemudian akan terbuka dashboard advance setting Anda bisa aktifkan “Mobile Redirection” pada bagian atas Plugin, lalu anda klik “Save Changes”.

Nah diatas adalah langkah-langkah Pemasangan Plugin AMP Pada WordPress. Semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda dan bisa Anda terapkan untuk website WordPress Anda.

Diposting oleh

Lili Yuliyani Adalah Tim penulis artikel dari situs web darmanto.com yang merupakan situs resmi dari perusahaan CV. Studio Web yang bergerak di bidang Jasa Digital Marketing Profesional Siap Membantu Kamu Dalam Pembuatan Website, Jasa SEO & Maintenance Web, Google Ads, Jasa Pembuatan Logo Usaha, Jasa Cuctomer Service.

Komentar dinonaktifkan: Tutorial Memasang Plugin AMP WordPress

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Tutorial Memasang Plugin AMP WordPress

Cara Mendaftarkan Web Wordpress ke Google Webmaster Tools

Cara Mendaftarkan Web WordPress ke Google Webmaster Tools

T 12 Februari 2018 F , , A Darmanto SEO

Cara Mendaftarkan Web ke Google Webmaster Tools bagi Anda pengguna web platform CMS wordpress hari ini saya share. Dengan mendaftarkan web wordpress Anda ke google webmaster, Anda bisa melihat data perkembangan website Anda. Anda bisa tahu data website seperti jumlah... Selengkapnya

Cara Membuat Akun Google Code

T 6 Oktober 2012 F A Darmanto SEO

Cara Membuat Akun Google Code.Sudahkah sobat Membuat File Hosting di google code? Para Sobat,pada Tutorial blog kali ini,saya akan berbagi Cara membuat akun google code.Google Code adalah salah satu tempat menyimpan file yang kita miliki dengan gratis Google Code bisa... Selengkapnya

Cara Membuat Kotak Komentar Facebook di Blog Versi 2

Cara Membuat Kotak Komentar Facebook di Blog Versi 2

T 9 Agustus 2012 F A Darmanto SEO

Cara Mudah Membuat Kotak Komentar Facebook di Blog.Membuat kotak komentar facebook saat ini lebih mudah.Diartikel yang lain,saya juga sudah membuat artikel tentang cara membuat kotak komentar facebook yang modelnya bersebelahan dengan komentar default blogger.Nah Cara membuat kotak komentar facebook ini tidak... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Operation time

Senin-Jumat: 08.00-17.00
Sabtu: 08.00-16.00
Minggu: Buka dengan buat janji dulu
Email: admin(at)darmanto.com

Alamat

Darmanto:
Jl. Raya Gili Tugel – Kreo KM 1, Rt. 039 Rw. 005

Desa Cibuyur, Kec. Warungpring

Kab. Pemalang, Jawa Tengah,52358

Butuh Bantuan? Chat Kami Sekarang