Beranda » Blog » Perbedaan Antara Website Mobile Friendly Dan Website Responsive

Perbedaan Antara Website Mobile Friendly Dan Website Responsive

T Diposting oleh pada 22 November 2019
F Kategori
b Komentar Dinonaktifkan pada Perbedaan Antara Website Mobile Friendly Dan Website Responsive
@ Dilihat 70 kali

Pada tahun 2015 google resmi menjadikan mobile friendly sebagai faktor peringkat resmi di dalam algoritma pencarian nya untuk mendorong sebuah situs web menggunakan desain mobile friendly atau responsive. Tahukah Anda bahwa desain web mobile friendly dan desain web responsive berbeda? Mungkin terdengar dapat dipertukarkan tetapi mobile friendly dan responsive sangat berbeda loh bahkan memiliki fungsi yang berbeda pula.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan perbedaan antara situs web yang mobile friendly dan desain situs web yang responsive dan kegunaannya maupun tujuannya. Artikel ini bisa menjadi panduan tentang cara memilih opsi terbaik untuk bisnis Anda. Teruslah membaca artikel ini untuk mempelajari ini lebih lanjut.

Bagaimana Cara Kerja Situs Website Mobile Friendly?

Situs web mobile friendly dirancang khusus untuk penggunaan perangkat mobile karena dalam penggunaan smartphone, tablet dan perangkat genggam lainnya sangat banyak penggunanya. Situs web yang dirancang mobile friendly bertujuan untuk mampu beradaptasi atau bekerja pada layar kecil dengan waktu Pemuatan yang cepat dan informasi kontak yang jelas untuk bertujuan mendorong pengguna untuk menghubungi Perusahaan atau pemilik situs website secepat mungkin.

Maka  dari itu google menyarankan sebuah situs web haruslah mobile friendly. Disisi lain situs mobile berharga karena memungkinkan orang untuk terlibat dengan bisnis Anda saat mereka tidak menggunakan perangkat seperti laptop maupun komputer. Karena perangkat mobile sangat mudah dibawa saat bepergian memungkinkan orang untuk melakukan pencarian sebuah informasi dengan menggunakan perangkat mobile di mesin pencari saat mereka bepergian. Karena secara umum penggunaan perangkat mobile lebih banyak penggunanya karena mudah saat digunakan untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan secara online.

Tetapi situs mobile tidak selalu terlihat benar saat di buka di perangkat seperti laptop, komputer maupun desktop setelah situs web mobile yang di buat untuk layar kecil. Sehingga ketika situs tersebut di buka di perangkat yang memiliki layar yang lebih luas maka akan ada beberapa inkonsistensi saat situs di buka di smartphone dan bagaimana tampilan nya di komputer pasti akan berbeda.  

Desain situs mobile yang efektif dan efisien membatasi potensi dalam menggunakan multimedia foto beresolusi tinggi dan komponen situs yang menarik lainnya. Dan parahnya adalah situs mobile Anda akan memiliki URL yang berbeda dari situs reguler Anda. Ini artinya bahwa Anda bisa memulai bersaing dengan diri Anda sendiri untuk mendapatkan keyword yang berharga. Apabila situs yang salah muncul di perangkat orang yang salah, maka mereka tidak akan memiliki pengalaman yang berkualitas yang mereka butuhkan untuk menjadi konsumen Anda.

Bagaimana Cara Kerja Situs Web Responsive?

Sedangkan situs web responsive dirancang untuk bekerja pada layar yang berukuran apapun  dan berbagai perangkat seperti smartphone terkecil hingga desktop terbesar. Alih-alih membuat tata letak yang berbeda supaya sesuai dengan ukuran dan resolusi yang berbeda, situs responsive akan memeriksa ukuran perangkat dan menyesuaikan diri secara otomatis supaya sesuai.

Situs responsive memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perangkat yang berbeda adalah suatu keuntungan yang sangat luar biasa dikarenakan ada begitu banyak ukuran layar perangkat yang berbeda di seluruh dunia. Semua pengguna mesin pencari bisa mengunjungi situs Anda dengan menggunakan perangkat apa saja dan mendapatkan pengalaman yang konsisten setiap saat mengunjungi situs Anda. Hal ini  juga bermanfaat bagi strategi SEO karena Anda hanya menggunakan satu URL dalam memberikan pengalaman yang sama kepada setiap pengunjung Anda.

Tetapi situs responsive juga memiliki kelemahan dimana Anda harus menemukan tata letak situs Anda yang berfungsi baik untuk perangkat seperti desktop dan perangkat seluler yang tidak mudah dilakukan. Situs Anda juga tidak dapat menggunakan banyak multimedia gambar beresolusi tinggi dan komponen menarik lainnya karena ini akan berakibat membuat situs memuat lambat di smarphone. Selain itu desain responsive tidak jadi dalam waktu yang singkat melainkan butuh waktu dan pengujian. Lalu situs website apa yang lebih baik?

Seperti Apa Situs Web Yang Lebih Baik?

Situs mobile maupun situs responsive dua-duanya memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri. Jika Anda bertanya situs apa yang lebih baik? jawabnya adalah situs mobile maupun situs responsive, pemenangnya adalah situs yang paling cocok untuk bisnis Anda.

Sebuah situs mobile lebih baik apabila:

  1. Apabila konsumen Anda adalah orang yang menggunakan perangkat mobile, dalam hal ini smartphone dan tablet merupakan alat yang standar untuk berkomunikasi. Apabila konsumen Anda menunjukan penggunaan perangkat mobile lebih besar maka memungkinkan Anda aman dalam menggunakan situs mobile.
  2. Walaupun situs mobile tidak murah tetapi situs mobile tidak memerlukan uang untuk pengujian sebanyak seperti situs responsive. Sehingga untuk Anda yang Berbudget sedikit minim dan Anda tidak membutuhkan desain responsive dimasa depan Anda bisa menggunakan situs mobile untuk bisnis Anda.

Sebuah situs responsive lebih baik jika:

  1. Anda secara teratur memperbaharui situs Anda. apabila Anda tidak menemukan cara untuk memperbaharui situs mobile dan desktop dengan cepat dengan waktu yang sama maka desain responsive adalah solusi untuk Anda. Baik pembaharuan dalam menambahkan halaman baru atau pun saat Anda membuat postingan blog. pembaharuan yang teratur akan lebih mudah apabila Anda memiliki situs yang responsive.
  2. Anda bisa mengubah Template situs Anda untuk mengubah desain situs responsive atau pun Anda bisa membuat website baru dengan desain yang responsive. Dengan demikian Anda mungkin juga membuat situs yang dapat bekerja pada berbagai perangkat di dunia.

Kini Anda sudah mempertimbangkan kualitas situs yang Anda butuhkan apakah Anda mau menggunakan desain situs mobile maupun situs responsive untuk bisnis Anda. Jika Anda ingin membuat desain website yang mobile friendly dan juga yang responsive dalam satu website itu sangat bisa dengan menggunakan Layanan Desai Website Kami. Sekarang ini banyak orang yang memilih desain website yang mobile friendly dan responsive karena dengan menggabungkan 2 desain tersebut akan mudah diakses oleh pengguna internet di perangkat apapun.

Di darmanto.com Anda bisa membuat situs website yang mobile friendly dan responsive. Kami telah bekerja dan berpengalaman dalam desain situs website mobile friendly dan responsive selama bertahun-tahun. Tim ahli Kami sangat ahli dan paham cara membuat tampilan situs website dengan benar dan tepat di semua perangkat. Kami siap menjadikan bisnis Anda sebuah situs yang akan berfungsi di berbagai perangkat apapun.

Diposting oleh

Lili Yuliyani Adalah Tim penulis artikel dari situs web darmanto.com yang merupakan situs resmi dari perusahaan CV. Studio Web yang bergerak di bidang Jasa Digital Marketing Profesional Siap Membantu Kamu Dalam Pembuatan Website, Jasa SEO & Maintenance Web, Google Ads, Jasa Pembuatan Logo Usaha, Jasa Cuctomer Service.

Komentar dinonaktifkan: Perbedaan Antara Website Mobile Friendly Dan Website Responsive

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Perbedaan Antara Website Mobile Friendly Dan Website Responsive

Cara Menambah Admin Pada Fanspage Facebook

T 17 Maret 2016 F A Darmanto SEO

Tutorial cara menambah admin pada fanspage facebook hari ini akan saya bagikan untuk Anda yang saat ini mungkin ada kesulitan dalam menambahkan admin di fans page facebook yang Anda miliki. Tutorial ini saya bagikan mengingat sejak saya membuka layanan jasa... Selengkapnya

halaman privacy policy

Sudahkah Anda Membuat Halaman Privacy Policy di Website?

T 19 Mei 2018 F A Darmanto SEO

Anda pengguna web platform WordPress? Sudahkah Anda update wordpress versi terbaru saat ini yaitu 4.9.6 dan apakah Anda mendapat pemberitahuan untuk buat halaman privacy policy di web? Tepat 18 Mei 2018 kemarin, worpdress update versi terbarunya yaitu wordpress 4.9.6. Anda... Selengkapnya

Cara Membuat Artikel Tidak Bisa di Komentari

Cara Membuat Artikel Tidak Bisa di Komentari

T 4 Agustus 2013 F , A Darmanto SEO

Terkadang bagi sebagian blogger ada yang ingin membuat Artikel tidak bisa di komentari.Nah bagaimana sie cara membuat artikel tidak bisa di komentari? Pertanyaan ini sudah lama di request oleh sobat Darmanto dan baru pada catatan kali ini saya sempat membuatkan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Operation time

Senin-Jumat: 08.00-17.00
Sabtu: 08.00-16.00
Minggu: Buka dengan buat janji dulu
Email: admin(at)darmanto.com

Alamat

Darmanto:
Jl. Raya Gili Tugel – Kreo KM 1, Rt. 039 Rw. 005

Desa Cibuyur, Kec. Warungpring

Kab. Pemalang, Jawa Tengah,52358

Butuh Bantuan? Chat Kami Sekarang