Beranda » Tutorial Blog » Cara Mudah Membuat Sitemap XML Di WordPress

Cara Mudah Membuat Sitemap XML Di WordPress

T Diposting oleh pada 12 November 2019
F Kategori
b Komentar Dinonaktifkan pada Cara Mudah Membuat Sitemap XML Di WordPress
@ Dilihat 58 kali

Cara Mudah Membuat Sitemap XML Di WordPress. Di artikel sebelumnya Kami telah membahas Tutorial Memasang Plugin AMP WordPress, nah sekarang ini Kami akan membahas cara membuat sitemap di WordPress. Sitemap pada WordPress berfungsi untuk memperkenalkan semua isi situs website kepada  search engine atau mesin pencarian. Sebelum masuk dalam pembahasan cara membuat Sitemap sebaiknya kita membahas apa itu sitemap keuntungan sitemap dan fungsi sitemap.

Apa Itu Sitemap?

Sitemap adalah alat bantu untuk para webmaster yang akan mempermudah untuk memperkenalkan semua situs website di mesin pencarian google. Guna mempermudah google menjelajah dan menemukan halaman-halaman yang ada di dalam website. Bukan hanya website yang memerlukan sitemap untuk mudah dijelajahi oleh google blog juga memerlukan sitemap agar konten yang didalam blog mudah terdeteksi oleh google.

Pengguna bisa melakukan submit situs website berbasis XML ke google yang membantu dan mempermudah google mengindeks halaman website tersebut. Langkah yang harus dilakukan oleh pengguna sitemap adalah dengan menggunakan perangkat lunak dalam menciptakan sitemap dalam format XML Google dan dengan integrasi kan unggahan ke situs website.

Tipe atau format untuk sitemap berbeda-beda ada beberapa format sitemap yaitu, XML, RSS, MRSS, Atom 1.0 serta Teks. Semua format haruslah berukuran maksimal 50MB dan untuk ukuran URL nya adalah maksimal 50.000. Apabila website memiliki ukuran format atau URL lebih dari itu maka bisa memecah nya menjadi 2 atau lebih dari 2.

Contoh untuk menampilkan sitemap adalah dengan menuliskan URL nama domain website Anda dengan contohnya seperti ini, namadomain.com/sitemap_index.xml  setelah itu akan muncul beberapa bagian isi website. Pada umumnya yang sering di buka adalah post-sitemap.xml yang berisikan artikel atau daftar isi yang ada didalam website.

Keuntungan Sitemap Pada Website

Pastinya Anda ingin tau keuntungan memiliki sitemap pada WordPress bukan? Nah website atau blog yang memiliki sitemap didalamnya akan mendapatkan keuntungan seperti dibawah ini.

  1. Sitemap memudahkan halaman pada website mudah ditemukan oleh mesin pencari dan cepat terindeks oleh google.
  2. Memudahkan pengguna menemukan halaman pada website
  3. Sitemap juga berfungsi untuk memberitahu kepada mesin pencari apabila ada perubahan pada struktur website dengan cepat.
  4. Akan lebih mudah dalam memposisikan kata kunci pada website
  5. Memudahkan mesin pencari untuk melakukan index link yang ada didalam website.

Perbedaan XML Sitemap dan HTML Sitemap

Secara umum sitemap dibagi menjadi 2 kategori yaitu XML dan HTML. Perbedaan sitemap XML dan sitemap HTML memiliki fungsi dan tujuannya yang berbeda , sitemap XML dibuat untuk mesin pencari sedangkan sitemap HTML dibuat untuk pengguna atau pemilik website.

  • Sitemap XML merupakan sitemap yang ditujukan untuk mesin pencari yang berisikan URL website, meta data, internal link dan gambar.
  • Sedangkan sitemap HTML adalah sitemap yang di buat untuk pengguna atau user  yang memudahkan navigasi website. Sitemap HTML juga berperan penting dalam teknik SEO karena memberikan nilai lebih yang berhubungan dengan navigasi website, internal link dan experience.

Nah banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika website memiliki sitemap didalamnya. Sitemap dibuat bukan hanya memudahkan mesin pencari melainkan juga memudahkan pengguna atau user untuk menavigasi websitenya. Setelah memahami apa itu sitemap da keuntungan sitemap kini mari kita mulai masuk kedalam pembahasan cara untuk membuat sitemap pada WordPress.

Cara Membuat Sitemap XML untuk WordPress

Perlu Anda ketahui bahwa tutorial ini ditujukan untuk pemilik website WordPress. Jika Anda belum memiliki website WordPress Anda bisa membuat website WordPress di Jasa Pembuatan Website Kami.

Di tutorial ini Kami memberikan contoh membuat sitemap XML menggunakan plugin Yoast SEO dan Google XML Sitemaps. Kamu nanti pilih salah satu saja. Kalau Kami biasanya cukup menggunakan sitemap bawaan dari Yoast SEO. Dengan plugin tersebut tidak perlu menggunakan plugin pembuat sitemap dari Google XML Sitemaps.

Tapi kadang ada ada template yang tidak support dengan sitemap dari Yoast SEO,maka dari itu untuk buat sitemap Kamu bisa menggunakan Google XML Sitemaps .

Langsung saja untuk membuat sitemap XML Anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini. Ingat ya, buat sitemap dengan salah satu plugin ini. Tidak perlu membuat sitemap dari 2 plugin.

1.Install dan aktifkan sitemap dari plugin Yoast SEO

Plugin Yoast SEO adalah plugin SEO pilihan terbaik yang telah digunakan oleh lebih dari 5 juta pengguna dengan penilaian yang cukup baik. Dengan plugin tersebut sudah ada fitur untuk membuat sitemap.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

Cara membuat sitemap XML SEO Yoash
  1. Anda Login Ke Website WordPress Anda
  2. Lalu Anda pilih menu “Plugins” kemudian pilih “Add New”
  3. Kemudian Anda kembali ke halaman dashboard dan pilih menu “SEO” klik “Genaral”  silahkan Anda aktifkan “XML Sitemaps”. Anda bisa melihat atau mengecek apakah sitemap URL nya sudah berhasil atau belum Anda bisa klik icon “Tanda Tanya”

Jika sudah berhasil coba Anda untuk membukanya deangan nama domain website Anda, misalnya namadomain.com/sitemap_index.xml.

2.Install Dan Aktifkan Google XML Sitemaps

Cara membuat sitemap XML
  1. Anda “Login” Ke Website WordPress Anda
  2. Lalu Anda pilih menu “Plugins” kemudian pilih “Add New”
  3. Kemudian Anda tulis “Google XML Sitemaps” pada kolam pencarian yang berada di pojok kanan atas lalu Anda pilih “Install Now” selanjutnya klik “Active”
  4. Jika sudah Anda lanjutkan dengan buka menu “Setting” lalu scroll ke bawah Anda bisa menemukan menu XML-Sitemap Anda buka, sitemap WordPress Anda pun sudah jadi Anda bisa lihat dibagian atas.

Sangat mudah kan membuat sitemap web? Share ya bila membantu Kamu dan bermanfaat.

Diposting oleh

Lili Yuliyani Adalah Tim penulis artikel dari situs web darmanto.com yang merupakan situs resmi dari perusahaan CV. Studio Web yang bergerak di bidang Jasa Digital Marketing Profesional Siap Membantu Kamu Dalam Pembuatan Website, Jasa SEO & Maintenance Web, Google Ads, Jasa Pembuatan Logo Usaha, Jasa Cuctomer Service.

Komentar dinonaktifkan: Cara Mudah Membuat Sitemap XML Di WordPress

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Cara Mudah Membuat Sitemap XML Di WordPress

cara Membuat Halaman Blog

Cara Membuat Halaman Blog

T 27 Maret 2012 F A Darmanto SEO

Sobat Darmanto semua,salah satu hal yang cukup penting dalam sebuah tampilan blog adalah adanya halaman tambahan dalam blog.Membuat halaman dalam blog atau laman blog seperti halaman kontak,tukar link dan lain sebagainya adalah diperlukan salah satunya agar bisa menjadi pelengkap fitur... Selengkapnya

Mendaftarkan Blog Ke Feedburner

T 12 Juni 2012 F A Darmanto SEO

Mendaftarkan Blog Ke Feedburner. Sobat Darmanto,pada catatan saya kali ini saya akan berbagi tentang cara mendaftarkan blog ke feedburner. Seperti di ketahui,Feedburner merupakan suatu situs yang menyediakan layanan dalam hal feed dan saat ini Feedburner yang sudah diakuisisi oleh google... Selengkapnya

capture Halaman

Cara Mudah Mengcapture Halaman Web

T 12 Agustus 2012 F A Darmanto SEO

Cara Mudah Mengcapture Halaman Web.Mengcapture halaman web adalah salah satu hal yang penting dilakukan terutama bila blog milik sobat sering membuat artikel tutorial bergambar.Nah pada catatan kali ini saya akan berbagi Cara mudah mengcapture halaman web. Cara mengcaprure halaman sebenarnya... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Operation time

Senin-Jumat: 08.00-17.00
Sabtu: 08.00-16.00
Minggu: Buka dengan buat janji dulu
Email: admin(at)darmanto.com

Alamat

Darmanto:
Jl. Raya Gili Tugel – Kreo KM 1, Rt. 039 Rw. 005

Desa Cibuyur, Kec. Warungpring

Kab. Pemalang, Jawa Tengah,52358

Butuh Bantuan? Chat Kami Sekarang