Beranda » Tutorial SEO » Cara Mudah Daftar Google Search Console

Cara Mudah Daftar Google Search Console

T Diposting oleh pada 15 November 2019
F Kategori
b Komentar Dinonaktifkan pada Cara Mudah Daftar Google Search Console
@ Dilihat 62 kali

Mau daftar Google Search Console tetapi belum paham bagaimana caranya? Nah di artikel ini Kami akan memberikan tutorial cara daftar Google Search Console dengan mudah dan cepat. Tapi sebelum lanjut ke pembahasan utamanya yaitu cara daftar Google Search Console, sebaiknya Anda memahami apa itu Google Search Console,  disini Kami akan memberikan penjelasan seputar  Google Search Console.

Apa Itu Google Search Console?

Google Search Console atau  yang sebelumnya lebih di kenal sebagai Google Webmaster adalah layanan atau aplikasi gratis yang di tawarkan oleh google untuk membantu pemilik website atau blog dalam memantau dan memecahkan masalah posisi situs Anda di mesin pencarian google. Layanan dari google tersebut berfungsi untuk meningkatkan terlihatnya dan perkembangan situs di hasil mesin pencarian google serta menampilkan laporan status indeks dari website atau blog yang didaftarkan.

Fitur dan laporan yang ditawarkan oleh Search Console adalah sebagai berikut :

  1. Membantu memperbaiki pengindeksan dan Anda juga bisa meminta pengindeksan ulang untuk konten baru maupun konten yang telah diperbaharui.
  2. Memastikan google dapat menemukan situs Anda.
  3. mendapat pemberitahuan masalah pengindekasan, spam atau pun masalah lain yang ada di situs Anda yang di temukan oleh google.
  4. Menampilkan situs yang menyambung ke situs Anda.
  5. Dapat melihat data Traffic untuk situs Anda (Anda bisa mengetahui seberapa sering situs website atau blog Anda muncul di mesin pencarian google, kueri mana yang menampilkan situs Anda dan seberapa sering situs Anda di klik dan masih banyak lagi.
  6. Mendapatkan solusi dari masalah terkait AMP, penggunaan mobile dan perangkat lainnya.

Ada 2 fitur dari Google Search Console yang perlu anda ketahui, yaitu fitur utama dan Fitur Optimasi Untuk Webmaster.

1.Fitur Utama

Fitur Utama Google Search Console adalah untuk mendaftarkan situs-situs baru pada daftar indeks google.

  • Hosting Blogspot, verifikasi dilakukan secara otomatis apabila email terdaftar di Search Console sama dengan email terdaftar  di blogger.
  • Sedangkan hosting non blogspot, diwajibkan untuk menambah meta tag khusus buat verifikasi pada susunan HTML.

2. Fitur Optimasi Untuk Webmaster

Berikut ini adalah fitur optimasi yang disediakan Google Search Console.

  • Submit Sitemap
  • Status Perayap
  • Validasi robots.txt
  • Structured Data Testing Tool (Alat Penguji Data Terstruktur)
  • Fetch as Google

Nah setelah memahami apa itu Google Search Console kini saatnya memasuki pembahasan tutorial daftar Google Search Console. Langsung saja anda membacanya di bawah ini.

Cara Daftar Google Search Console

Dibawah ini adalah langkah-langkah daftar Google Search Console yang bisa Anda ikuti untuk mendaftar akun website Anda.

Langkah 1, Buka Halaman Google Search Console

Anda bisa daftar di halaman ini https://search.google.com/search-console/about Anda pilih “Mulai Sekarang” seperti gambar dibawah ini lalu anda daftar dengan menggunakan akun google anda.

Apabila sudah daftar atau login Anda akan tertuju ke halaman dimana Anda bisa mendaftarkan dan verifikasi website Anda ke Google Search Console.

Langkah 2, Tambahkan Domain website Ke Search Console

Anda tambahkan nama domain website anda seperti gambar di bawah ini. Anda klik “Telusuri Properti” di pojok kiri atas lalu anda klik “Tambah Properti”

Setelah itu anda akan menuju ke halaman berikutnya. Di halaman berikutnya akan muncul 2 pilihan atau cara verifikasi, anda bisa melihatnya pada gambar dibawah ini dimana digambar tersebut ada dua cara yang bisa di gunakan untuk yang sebelah kiri adalah cara baru sedangkan untuk yang sebelah kanan adalah cara lama. Untuk verifikasi baru haruslah menambahkan konfigurasi DNS TXT record.

Kami disini menggunakan cara baru yang ada di sebelah kiri, anda bisa tulis nama domain website anda di “Masukan Domain Atau Subdomain” jika sudah anda tulis dengan penulisan yang seusai selanjutnya anda klik “Terus”

Cara Daftar Google Webmaster

Setelah itu akan muncul kode yang harus anda masukan ke konfigurasi DNS, anda salin kode tersebut dan login ke website.

Setelah itu anda login ke website, Apabila Anda menggunakan Yoast SEO, anda perlu masuk ke menu “SEO” klik “General” lalu klik “Webmaster Tools” setelah itu Anda tempelkan kode yang sudah Anda salin tadi ke kotak “kode verifikasi google” lalu anda klik “Save Changes” dan selesai.

Mudah bukan untuk daftar Google Search Console? Coba anda praktikan untuk mendaftarkan website ada ke Google Search Console. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jangan lupa di share di sosial media anda untuk berbagi ilmu.

Diposting oleh

Lili Yuliyani Adalah Tim penulis artikel dari situs web darmanto.com yang merupakan situs resmi dari perusahaan CV. Studio Web yang bergerak di bidang Jasa Digital Marketing Profesional Siap Membantu Kamu Dalam Pembuatan Website, Jasa SEO & Maintenance Web, Google Ads, Jasa Pembuatan Logo Usaha, Jasa Cuctomer Service.

Komentar dinonaktifkan: Cara Mudah Daftar Google Search Console

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Cara Mudah Daftar Google Search Console

Cara Menganalisa Meta Tag Agar Lebih SEO

Cara Menganalisa Meta Tag Agar Lebih SEO

T 4 Agustus 2012 F A Darmanto SEO

Cara Menganalisa Meta Tag Agar Lebih SEO – Salah satu Tips SEO kali ini akan kembali saya bagikan bagikan buat para pemburu Tips SEO.Tips SEO kali ini mengenai Cara menganalisa Meta tag.Meta Tag yang kita buat hatus di analisa setiap kali kita... Selengkapnya

Cara Mempercepat Loading Blog,Cara 1

Cara Mempercepat Loading Blog,Cara 1

T 3 Juli 2012 F , A Darmanto SEO

Cara Mempercepat Loading Blog.Assalamualaikum wr. wb sobat semua…Tanpa terasa semakin hari blog ini mulai terasa berat loading blog saya ini.Padahal salah satu tehnik SEO yang mesti di lakukan oleh seorang blogger agar blognya lebih disukai search engine katanya adalah mempercepat... Selengkapnya

Cara Mendaftarkan Web Wordpress ke Google Webmaster Tools

Cara Mendaftarkan Web WordPress ke Google Webmaster Tools

T 12 Februari 2018 F , , A Darmanto SEO

Cara Mendaftarkan Web ke Google Webmaster Tools bagi Anda pengguna web platform CMS wordpress hari ini saya share. Dengan mendaftarkan web wordpress Anda ke google webmaster, Anda bisa melihat data perkembangan website Anda. Anda bisa tahu data website seperti jumlah... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Google Partner

Alamat

Darmanto:
Jl. Raya Gili Tugel – Kreo KM 1, Rt. 039 Rw. 005

Desa Cibuyur, Kec. Warungpring

Kab. Pemalang, Jawa Tengah,52358

Butuh Bantuan? Chat Kami Sekarang