Beranda » Tips » Apa Itu Kecepatan Halaman? Dan Cara Mempercepat Situs Web

Apa Itu Kecepatan Halaman? Dan Cara Mempercepat Situs Web

T Diposting oleh pada 23 November 2019
F Kategori
b Komentar Dinonaktifkan pada Apa Itu Kecepatan Halaman? Dan Cara Mempercepat Situs Web
@ Dilihat 109 kali

Tahukah Anda bahwa kecepatan halaman bukanlah kecepatan situs? Jadi Jangan keliru untuk mengartikan kecepatan halaman dan kecepatan situs karena itu berbeda. Banyak orang yang masih keliru mengartikan ini. Maka dari itu Kami akan membahasnya apa itu kecepatan halaman dan kecepatan situs di artikel ini.

Apabila Anda menginginkan situs web Anda mengarahkan Traffic, pesanan, kunjungan di dalam situs Anda atau chat dari pengunjung. Maka Anda harus memiliki kecepatan halaman yang cepat. Apabila situs web Anda lambat maka situs Anda akan menempati posisi terakhir dalam pencarian karena ditinggalkan oleh pelanggan dan pelanggan beralih ke pesaing Anda.

Anda bisa membacanya di bawah ini untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan terbesar Anda tentang apa itu kecepatan halaman? Hingga bagaimana cara mempercepat situs web? Apabila Anda ingin tau maka teruslah membaca artikel ini.

Apa itu Kecepatan Halaman?

Apa Itu Kecepatan Halaman? Pastinya pertanyaan ini sudah ada di pikiran Anda bukan? Nah berikut adalah jawabannya. Kecepatan halaman adalah mengukur seberapa cepat konten dimuat pada satu halaman.

Apakah Anda merasa puas dengan jawabannya? Jika belum puas, nah berikut ini jawaban lebih detail nya.

Dalam beberapa kasus, pengembangan akan mengarah ke kecepatan sebagai Pemuatan halaman. Yaitu seberapa lama waktu yang dibutuhkan sebuah halaman untuk menampilkan semua kontennya atau waktu untuk Bita pertama yang merupakan seberapa lama browser web, seperti mesin pencari Google Chrome dalam menerima Bita pertama informasi dari server website Anda.

Setelah Anda mengetahui kecepatan halaman kini Anda memasuki pengertian kecepatan situs.

Apa Itu Kecepatan Situs?

Kecepatan sebuah situs menunjukan seberapa cepat pengunjung dapat melihat dan melakukan interaksi dengan konten Anda. Atau Anda dapat mempelajari kecepatan situs anda dengan memanfaatkan Google Analytics Anda dapat menemukan laporan kecepatan situs Anda dengan cara Anda masuk dengan akun Anda.

Bagaimana Cara Memeriksa Kecepatan Halaman Secara Instan?

Setelah Anda memahami kecepatan halaman dan kecepatan situs, kini Kami akan memberi tau Anda cara memeriksa kecepatan halaman yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa kecepatan situs Anda. langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Anda bisa memeriksa kecepatan halaman Anda dengan Google PageSpeed ​​Insights

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan Anda memasukkan URL Halaman Web Anda lalu anda klik “Ananlis” Dengan Google PageSpeed Insights adalah tool gratis yang akan memberikan nilai keseluruhan untuk kecepatan halaman mobile Anda dan kecepatan halaman desktop. Anda bisa lihat gambar di bawah ini.

Setelah Anda memasukkan URL web Anda akan memasuki halaman berikutnya. Anda bisa klik “Seluler” maupun “Desktop” di sebelah kiri atas untuk memeriksa kecepatan halaman mobile atau halaman desktop Anda. Silahkan anda lihat gambar di bawah ini.

Disini yang paling penting adalah untuk fokus pada kecepatan halaman mobile Anda. Dengan lebih dari 60% Traffic internet yang berasal dari perangkat mobile, karena google sangat berfokus kepada pengalaman mobile, indeks mobile First nya sehingga Anda pastinya menginginkan situs anda cepat untuk di tampikan di perangkat smartphone.

Disini Anda akan memiliki beberapa titik data yang berbeda seperti:

  1. First Contentful Paint
  2. Waktu untuk Interaktif
  3. First Meaningful Paint
  4. Delay Input Pertama

Anda bisa fokuskan perhatian Anda kepada First Meaningful Paint dan kecepatannya. First Meaningful Paint menjelaskan seberapa lama halaman Anda memuat sumber daya yang cukup bagi pengunjung untuk melakukan interaksi dengan konten Anda. Halaman Anda mungkin tidak memuat 100% dalam 1 detik namun itu memuat cukup bagi pengunjung untuk berinteraksi dengan halaman Anda. Skor cepat berarti pengunjung dapat melakukan interaksi dengan konten Anda lebih cepat.

Selain Google PageSpeed Insights Anda bisa memeriksa kecepatan halaman Anda dengan alat lain seperti GTmetrix ini adalah alternatif lain yang bisa anda gunakan untuk memeriksa halaman Anda.

Kenapa Kecepatan Halaman Sangat Penting?

Kecepatan halaman sangat penting, pastinya Anda sudah terbiasa dengan SEO dimana kecepatan halaman sangat penting bagi SEO. Mesin pencari dan pengguna mesin pencari yang mengunjungi sebuah situs lebih menyukai situs web yang cepat. Dengan hal itu menyebabkan mesin pencari seperti google menggunakan kecepatan halaman sebagi faktor peringkat sebuah situs web. Dengan kecepatan halaman yang dijadikan faktor peringkat oleh mesin pencari sehingga akan meningkatkan pengalaman pengguna mesin pencari. Google juga tidak hanya memberi pengguna mesin pencari  informasi dan jawaban yang ingin penguna mesin pencari  ingin kan tetapi juga dengan pengalaman yang pengguna mesin pencari harapkan.

Maka dari itu kenapa kecepatan halaman sangat penting? Karena pengguna mesin pencari membutuhkan informasi yang informatif dan juga akses yang cepat. Maka dari itu mesin pencari menerapkan aturan sebuah situs web haruslah memiliki kecepatan halaman yang cepat. Karena dengan pengguna mencari sebuah informasi dan mesin pencari tersebut menyajikan situs yang lambat maka pengguna akan beralih menggunakan mesin pencari lainnya seperti bing atau pun yahoo. Itu sebabnya mesin pencari google  menggunakan kecepatan halaman sebagai faktor peringkat.

Pengguna atau pengunjung lebih menyukai situs yang cepat, itu sebabnya sebuah situs web yang lebih cepat cenderung berkinerja lebih baik. Tidak hanya dalam hasil peringkat di mesin pencari tetapi juga dalam meningkatkan penjualan. Apabila Anda memberikan pengalamab yang cepat dan mulus maka Anda membuatnya lebih mudah untuk melakukan transaksi atau membeli produk atau layanan bisnis Anda.

Cara Mempercepat Situs Web Anda

Setelah Anda melakukan pemeriksaan halaman Anda maka kini saatnya Anda melakukan cara mempercepat situs website Anda. Anda bisa menerapkan beberapa cara di bawah ini.

1.Kompres File Anda

Apabila Anda mau meningkatkan kecepatan halaman maka Anda dapat menempatkan file-file untuk mengurangi ukurannya. Disini situs web Anda terdiri dari file CSS, HTML dan JavaScript Anda perlu untuk kompres file tersebut. Anda bisa memilih alat untuk kompres file seperti, GNU Gzip dan beberapa alat berbasis browser juga tersedia, seperti TextFixer dan JSCompress

2. Tingkatkan Waktu Respons Server Anda

Tahukah Anda bahwa waktu respons yang lambat dari server situs website dapat mengurangi kecepatan halaman? yang seharusnya waktu respons server Anda yaitu haruslah di bawah 200 ms tetapi tergantung dengan beberapa faktor seperti.

  1. Traffic situs web
  2. Perangkat lunak server
  3. Penyedia hosting
  4. Sumber daya halaman

Biasanya dapat dilihat dari kecepatan halaman yang lambat di Pengaruhi oleh waktu respons server dengan mencari perutean yang lamban dan permintaan basis data. Setelah Anda mengkonfirmasi dampak server pada kecepatan halaman Anda maka Anda dapat mencari tau opsi lain. Misalnya saja Anda bisa beralih hosting atau meningkatkan hosting untuk menambah server  Anda kekuatan untuk menangani lalu lintas situs web dan sumber daya halaman Anda.

3. Kompres Gambar Anda

Anda bisa mengurangi ukuran file gambar pada situs Anda, karena file gambar yang ukurannya lebih kecil dapat meningkatkan kecepatan halaman Anda. Hal ini mampu mengarahkan kepada manfaat situs website yang lebih cepat, peringkat yang lebih tinggi, Traffic dan juga penjualan. Anda bisa menggunakan alat untuk mengkompres gambar seperti,  Adobe Photoshop maupun    WP Smush. Selain mengkompres gambar situs Anda , Anda juga bisa memilih format file yang SEO friendly.

4. Gunakan Caching Peramban

Anda bisa gunakan Peramban karena seperti chrome akan sering menyimpan informasi situs web untuk membuatnya lebih mudah untuk pengguna untuk kembali ke situs Anda.  karena browser dapat melakukan chace berbagai file seperti gambar dan lainnya. Anda bisa memperluas pengaturan cache browser dalam mengatur cache browser supaya situs ada tidak kadaluwarsa setelah sebulan Anda dapat memperpanjang tanggal kadaluwarsa menjadi satu tahun. Anda bisa menggunakan metode ini apabila desain situs web Anda statis.

Nah di atas adalah beberapa cara untuk mempercepat situs Anda. apabila Anda merasa kesulitan untuk melakukannya sendiri Anda bisa menghubungi Kami sekarang. Kami dapat membantu mengubah situs Anda menjadi lebih cepat yang memberikan pengguna pengalaman yang lebih cepat dan mulus di seluruh perangkat seperti perangkat mobile maupun desktop. Karena dengan situs website yang cepat, situs bisnis Anda dapat memperoleh peringkat yang lebih tinggi di mesin pencarian dan mendapatkan lebih banyak Traffic dan mampu meningkatkan penjualan bisnis Anda. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan harga khusus.

Diposting oleh

Lili Yuliyani Adalah Tim penulis artikel dari situs web darmanto.com yang merupakan situs resmi dari perusahaan CV. Studio Web yang bergerak di bidang Jasa Digital Marketing Profesional Siap Membantu Kamu Dalam Pembuatan Website, Jasa SEO & Maintenance Web, Google Ads, Jasa Pembuatan Logo Usaha, Jasa Cuctomer Service.

Komentar dinonaktifkan: Apa Itu Kecepatan Halaman? Dan Cara Mempercepat Situs Web

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Apa Itu Kecepatan Halaman? Dan Cara Mempercepat Situs Web

Cara Memilih Pakar SEO

Cara Memilih Pakar SEO

T 22 Juli 2013 F , A Darmanto SEO

Pakar SEO tentu adalah seseorang yang paham dan tahu betul mengenai masalah SEO (search engine optimization).Dalam memilih Pakar SEO ada beberapa hal yang mesti di pertimbangkan agar biaya yang kita keluarkan untuk seorang penyedia Jasa SEO tidak sia-sia. Pakar SEO... Selengkapnya

Tips Sukses Iklan Facebook

Tips Sukses Beriklan Di Facebook

T 24 Oktober 2019 F A Lili Yuliyani

Facebook Ads atau juga dikenal dengan Facebook Marketing adalah sebuah aplikasi atau fitur dari facebook yang diciptakan untuk mempromosikan atau untuk mengiklankan suatu fan page atau halaman khusus yang sudah di buat oleh pengguna facebook. Facebook Ads di buat dengan... Selengkapnya

5 Cara Mempromosikan Blog Baru Milik Anda

5 Cara Mempromosikan Blog Baru Milik Anda

T 23 Oktober 2011 F , A Darmanto SEO

Cara Mempromosikan Blog Baru memang memerlukan waktu dan tenaga yang lumayan,namun dengan cara dibawah ini,maka untuk promosi blog baru akan cukup efektif. Setelah selesai membuat blog, hal yg tak kalah pentingnya adalah bagaimana cara mempromosikan/memperkenalkan blog milik Anda pada dunia ramai.... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Operation time

Senin-Jumat: 08.00-17.00
Sabtu: 08.00-16.00
Minggu: Buka dengan buat janji dulu
Email: admin(at)darmanto.com

Alamat

Darmanto:
Jl. Raya Gili Tugel – Kreo KM 1, Rt. 039 Rw. 005

Desa Cibuyur, Kec. Warungpring

Kab. Pemalang, Jawa Tengah,52358

Butuh Bantuan? Chat Kami Sekarang