Beranda » SEO » Google Disavow Dan Manfaatnya

Google Disavow Dan Manfaatnya

T Diposting oleh pada 23 Mei 2019
F Kategori
b Komentar Dinonaktifkan pada Google Disavow Dan Manfaatnya
@ Dilihat 167 kali

Sekitar tahun 2012, Google meluncurkan fitur yang bernama Google disavow. Manfaat fitur ini adalah untuk membuat blog Anda terhindar penurunan peringkat di Search engine akibat dari backlink yang dianggap spam. Sebagaimana diketahui, link spam bisa berdampak pada kemungkinan penurunan ranking web.

Backlink dianggap spam antara lain link yang didapat dari suatu web yang kualitas kontennya buruk. Backlink spam biasanya didapat dari beberapa hal. Paling sering adalah dari pemberian orang yang tidak bertanggung jawab. Contohnya dari pesaing web Anda atau dari ketidaktahuan Anda ketika mencari backlink.

MANFAAT GOOGLE DISAVOW

Dengan menghapus link buruk secara langsung, Anda membantu mencegah Google (dan mesin pencari lainnya) mengambil tindakan keras terhadap blog Anda lagi di masa depan” ujar Jonathan Simon, seorang pakar blog dan analis Google Webmaster.

Fitur Google disavow membantu Anda untuk menghapus spam backlink yang mengarah ke blog Anda. “Selain itu, fitur ini juga membantu Anda untuk melindungi citra blog Anda, karena orang tidak akan lagi menemukan link spam yang mengarah ke blog Anda dan menganggap link spam itu memang kesengajaan Anda.” tambah Simon.

Cara menggunakan fitur Google ini juga mudah. Anda hanya cukup meng-upload sebuah file teks (file harus diakhiri dengan .txt) yang berisi link tersebut. Kemudian, Google yang akan mengurus sisanya. Cara ini akan sangat membantu, sehingga Anda tidak perlu menghapus satu persatu serangan link (backlink spam) yang ditujukan dari orang lain.

Yang perlu di perhatikan, Google menyarankan agar Anda tetap berhati-hati ketika menggunakan alat ini, karena Anda bisa tidak sengaja menghapus backlink berkualitas dari blog lain. Anda bisa meminta kembali link tersebut apabila terhapus, namun proses tersebut mungkin memerlukan waktu beberapa minggu.

Jika Anda tidak mengerti bagaimana fitur Google disavow bekerja, sebaiknya Anda tidak menggunakan ini secara sembarangan. Jka digunakan secara sembarangan alat ini malah bisa menurunkan rangking pencarian Anda di Google.

Anda perlu menggunakan fitur Google ini apabila Anda mendapat serangan backlink tidak berkualitas pada blog Anda. Untuk lebih jelasnya mungkin Anda bisa menonton video dibawah ini.

CARA MENGGUNAKAN GOOGLE DISAVOW UNTUK MENOLAK BACKLINK

Berikut ini saya bagikan panduan cara menggunakan alat Google disavow yang saya ambil dari situs resmi Google:

Langkah 0: Putuskan apakah tindakan ini perlu dilakukan

Pada umumnya, Google dapat menilai link mana yang dipercaya tanpa panduan tambahan, sehingga sebagian besar situs tidak perlu menggunakan fitur ini.

Anda harus menolak backlink hanya jika:

  1. Anda yakin memiliki banyak link buatan, berisi spam, atau berkualitas rendah yang mengarah ke situs Anda, dan
  2. Link menyebabkan tindakan manual, atau kemungkinan akan menyebabkan tindakan manual di situs Anda.

Langkah 1: Buat daftar link yang akan ditolak

Anda perlu menyusun daftar link yang ingin ditolak dalam file teks untuk diupload ke Google.

Format file link:

  • Tentukan satu URL atau domain yang akan ditolak per baris. Anda tidak dapat menolak seluruh sublokasi, seperti example.com/id/
  • Untuk menolak awalan domain (atau subdomain) dengan “domain:“, misalnya: domain:example.com
  • File tersebut harus berupa file teks yang dienkode dalam UTF-8 atau 7-bit ASCII
  • Nama file harus diakhiri dengan .txt
  • Anda dapat menyertakan komentar untuk diri sendiri dengan memulai baris menggunakan tanda #. Setiap baris yang dimulai dengan # akan diabaikan oleh Google.

Contoh:

# Dua halaman yang akan ditolak
http://spam.example.com/stuff/comments.html
http://spam.example.com/stuff/paid-links.html

# Satu domain yang akan ditolak
domain:shadyseo.com

Jika Anda telah menemukan URL atau situs yang ingin ditolak dalam laporan link untuk situs, Anda dapat mendownload data dari laporan Link dengan mengklik tombol ekspor. Pastikan untuk menghapus setiap URL dari file yang didownload yang tidak ingin Anda tolak.

Langkah 2: Upload daftar Anda

Sekarang upload daftar halaman atau domain yang ingin ditolak.Mengupload daftar penolakan baru akan menggantikan semua daftar penolakan yang diupload sebelumnya.

  1. Buka halaman fitur link yang ditolak.
  2. Pilih situs Anda.
  3. Klik Tolak link.
  4. Klik Pilih file, lalu pilih file yang Anda buat.
  5. Diperlukan waktu beberapa minggu bagi Google untuk memproses informasi yang diupload. Daftar Anda akan dimasukkan ke dalam indeks saat kami kembali melakukan crawling web dan memproses ulang halaman yang kami temukan.

Link yang ditolak akan terus ditampilkan dalam laporan Link. Demikianlah artikel kali ini semoga bermanfaat.

Diposting oleh

Darmanto adalah owner CV. Studio Web, sebuah perusahaan jasa pembuatan web SEO friendly, jasa desain blog, google ads, jasa SEO profesional. Follow Channel telegramnya di https://t.me/darmantoseo

Komentar dinonaktifkan: Google Disavow Dan Manfaatnya

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Google Disavow Dan Manfaatnya

Jangan Setting Private Domain

Tips SEO #1: Jangan Setting Private Domain

T 13 Desember 2014 F , A Darmanto SEO

Setting Private Domain mungkin dari sebagian sobat +Darmanto Kedbel  ada yang saat ini melakukkannya. Tahukah sobat bahwa melakukan private domain bisa mempengaruhi peringkat suatu website. Hal itu di karenakan sebuah domain yang status kepemilikannya disembunyikan dianggap domain tersebut memiliki rahasia... Selengkapnya

Cara kirim sitemap web wordpress ke Google webmaster tools

Cara Kirim Sitemap Web WordPress ke Google webmaster tools

T 12 Februari 2018 F , A Darmanto SEO

Cara kirim sitemap web wordpress ke Google webmaster tools tidak jauh berbeda dengan cara kirim sitemap web blogspot. Sitemap web membantu search engine untuk membantu mempercepat menemukan konten -konten website Anda. Setelah menelusuri konten, search engine akan menilai dan meranking... Selengkapnya

Analisa Backlink Pesaing

Tips SEO #2 Cara Mudah Analisa Backlink Pesaing

T 15 Desember 2014 F , A Darmanto SEO

Tips SEO #2 hari ini tentang Cara Analisis Backlink Pesaing. Untuk bisa mengintip/mengikuti, menganalisa backlink web pesaing yang ingin diikuti, sobat bisa menggunakan beberapa situs ini  yang saya rekomendasikan untuk Anda dan Anda akan mendapatkan daftar backlink dari situs-situs yang ingin Anda saingi. Terdapat... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Operation time

Senin-Jumat: 08.00-17.00
Sabtu: 08.00-16.00
Minggu: Buka dengan buat janji dulu
Email: admin(at)darmanto.com

Alamat

Darmanto:
Jl. Raya Gili Tugel – Kreo KM 1, Rt. 039 Rw. 005

Desa Cibuyur, Kec. Warungpring

Kab. Pemalang, Jawa Tengah,52358

Butuh Bantuan? Chat Kami Sekarang