Beranda » Review » Serba-serbi Harga Kopi Luwak dan yang Membedakan dengan Kopi Lainnya

Serba-serbi Harga Kopi Luwak dan yang Membedakan dengan Kopi Lainnya

T Diposting oleh pada 12 Maret 2018
F Kategori
b 1 komentar
@ Dilihat 856 kali

Indonesia terkenal sebagai salah satu produsen penghasil kopi terbesar di dunia. Salah satu jenis kopi yang melegenda dan terkenal yang bahkan sudah banyak ditemukan di toko online adalah kopi luwak. Dengan  harga kopi luwak yang bisa mencapai ratusan ribu rupiah hanya untuk 100 gr-nya ini memiliki keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan kopi biasa yang diolah dengan menggunakan mesin.

Pertama adalah proses pengolahannya. Untuk proses pengolahannya tidak jauh berbeda dengan kopi biasa, namun bedanya kopi luwak menggunakan hewan luwak sebagai penyortir alami sedangkan kopi biasa disortir manual oleh manusia atau bahkan lewat mesin. Hewan tersebut akan memakan buah kopi dan kemudian lewat proses alami, biji kopi dari buah tersebut akan keluar bersamaan dengan feses. Biji kopi yang dikeluarkan tersebut memiliki kualitas yang bagus dan kemudian akan dipilih secara manual/lewat mesin, lalu dicuci, dikeringkan dan kemudian dikemas.

Jika pada kopi biasa, untuk proses fermentasi, kopi tersebut akan disimpan di wadah semen atau kayu dan kemudian ditutupi dengan mempergunakan karung goni basah. Kemudian kopi tersebut akan dibiarkan dalam kurun waktu 12-24 jam. Sedangkan pada kopi luwak, proses fermentasi tersebut terjadi di dalam perut luwak dimana banyak enzim yang berperan sehingga fermentasi itu lebih sempurna. Berdasarkan pada penelitian yang pernah dilakukan mengemukakan, jika proses fermentasi kopi yang terjadi di perut luwak tersebut sama dengan lama fermentasi kopi biasa selama 5-8 tahun. Karena hal tersebut, selain memiliki aroma dan rasa yang khas, harga kopi luwak juga melambung tinggi.

Kedua adalah bijinya. Biji yang dipergunakan untuk membuat kopi luwak tidak berbeda dengan kopi lainnya karena jenis kopi yang digunakan adalah kopi Robusta ataupun Arabica. Akan tetapi, yang membedakan adalah cara penyortirannya. Jika kopi biasa akan dipilih manusia atau mesin namun kopi luwak dipilih sendiri oleh luwak. Hewan ini memiliki insting yang tajam sehingga bisa benar-benar tahu mana kopi yang sudah benar-benar matang dan memiliki kualitas yang terbaik.

Kopi luwak memiliki manfaat yang bisa Anda dapatkan tidak hanya bagus untuk kesehatan namun juga kecantikan. Hal tersebut disebabkan karena kopi luwak diketahui memiliki tingkat keasaman yang jumlahnya lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis kopi biasa. Karena hal tersebut, jenis kopi yang dikonsumsi luwak ini memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan mengendalikan metabolisme tubuh.

Karena hal tersebut, tidak heran jika kopi yang memiliki harga kopi luwak yang fantastis ini punya keunggulan atau manfaat yang diantaranya adalah:

  • Mencegah batu empedu karena jika kopi tersebut masuk ke tubuh, akan ada zat anti lengket yang juga masuk ke tubuh sehingga dapat menghindari adanya penumpukan lemak yang dapat menyebabkan terjadinya batu empedu.
  • Meningkatkan kekuatan tubuh secara maksimal jika dikonsumsi secara rutin sebab bisa meningkatkan hormon adrenalin dan stamina.
  • Membantu untuk menyegarkan kulit dengan cara diubah menjadi masker.
  • Melindungi mulut dan gigi karena adanya anti lengket dan anti bakteri.
  • Menghambat kerusakan DNA dan pertumbuhan sel kanker, misalnya kanker payudara. Berdasarkan pada The Journal of Nutrition mengemukakan jika resiko kanker payudara bisa dicegah saat masuk masa menopause jika rutin mengkonsumsi 4 gelas kopi luwak per harinya.
  • Mencegah penyakit neurodegenerative misalnya penyakit Alzheimer.
Diposting oleh

Darmanto adalah owner CV. Studio Web, sebuah perusahaan jasa pembuatan web SEO friendly, jasa desain blog, google ads, jasa SEO profesional. Follow Channel telegramnya di https://t.me/darmantoseo

1 Komentar untuk Serba-serbi Harga Kopi Luwak dan yang Membedakan dengan Kopi Lainnya

a Artikel Terkait Serba-serbi Harga Kopi Luwak dan yang Membedakan dengan Kopi Lainnya

Kiat Memilih Toko Online yang Jual Pomade

T 27 September 2016 F A Darmanto SEO

Ingin membeli pomade secara online? Saat ini ada banyak toko online yang jual pomade dalam berbagai macam pilihan merk yang bervariasi. Setiap toko menyediakan berbagai jenis pomade dengan karakter dan kualitas yang berbeda satu sama lain. Oleh sebab itu, Anda... Selengkapnya

5 Alasan Mengapa Belanja Baju Online dengan Promo Harbolnas Bisa Lebih Hemat

T 21 November 2016 F A Darmanto SEO

5 Alasan Mengapa Belanja Baju Online dengan Promo Harbolnas Bisa Lebih Hemat – Kegiatan berbelanja terutama untuk produk fashion seperti baju memang tidak akan pernah ada habisnya, terutama jika selalu mengikuti trend. Ketika hari ini Kita belanja baju model terkini... Selengkapnya

Okka Rent Rental Mobil Surabaya Harga Bersaing

T 23 Oktober 2014 F A Darmanto SEO

Setelah kemarin berbagi info rental mobil jakarta, kali ini Darmanto punya info buat yang lagi cari rental mobil di surabaya dan sekitarnya. Memperkenalkan sebuah usaha rental mobil yang saya yakin bagi sebagian masyarakat Surabaya dan sekitarnya sudah banyak yang tahu... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Operation time

Senin-Jumat: 08.00-17.00
Sabtu: 08.00-16.00
Minggu: Buka dengan buat janji dulu
Email: admin(at)darmanto.com

Alamat

Darmanto:
Jl. Raya Gili Tugel – Kreo KM 1, Rt. 039 Rw. 005

Desa Cibuyur, Kec. Warungpring

Kab. Pemalang, Jawa Tengah,52358

Butuh Bantuan? Chat Kami Sekarang