Beranda » SEO » Panduan SEO Lokal Agar Maksimal

Panduan SEO Lokal Agar Maksimal

T Diposting oleh pada 24 Maret 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 648 kali

Panduan SEO Lokal Agar Maksimal

SEO lokal saat ini sangat membantu sekali khusunya bagi Anda yang baru memulai sebuah bisnis. Anda pasti ingin website bisnis milik Anda bisa cepat muncul di mesin pencari supaya bisa mendapat lebih banyak konsumen. Untuk mencapai itu, Anda bisa memanfaatkan Local SEO dengan mengikuti panduan dibawah ini.

Dengan Anda memaksimalkan lokal bisnis Anda melalui internet, potensi untuk dapat calon konsumen yang terdekat lokasi bisnis Anda berada semakin besar.

Apa itu SEO Lokal?

Local SEO atau SEO lokal adalah suatu cara mengoptimasi website bisnis agar bisa menempati peringkat bagus di mesin pencari untuk pencarian lokal. Peringkat terbagus yang diinginkan Anda tentunya halaman pertama search engine bukan?

Jika Anda pernah melakukan pencarian di search engine dengan menggunakan kata kunci wilayah geografis, itulah yang dimaksud pencarian lokal. Contoh pencarian yang menggunakan kata kunci wilayah geografis seperti, “sablon pemalang”, “tempat sablon di pemalang”, dan sebagainya.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah bisnis milik anda butuh SEO lokal? Kalau klien anda sebagian besar datang dari wilayah sekitar atau datang langsung ke tempat anda, maka jawabannya adalah perlu. Pada prinsipnya menurut saya, agar SEO lokal bisa lebih maksimal, gunakan saja 2 cara yaitu maksimalkan dengan Google my business dan dominasi keyword dengan artikel-artikel website yang Anda miliki.

Ok langsung saja berikut ini panduan SEO untuk lokal agar bisa maksimal

1.Buatlah akun Google My Business

Google My Business adalah langkah pertama untuk mulai local SEO. Google My Business sangat penting untuk membantu kesuksesan local SEO. Jika tanpa alat ini, bisnis Anda tidak akan muncul di ‘local map listings’ pada halaman hasil pencarian search engine. Untuk cara membuat akun Google My Business Anda,kunjungi halaman  Google bisnisku disini.

Di Google my business, buat nama bisnis yang mengandung kata kunci produk atau jasa Anda dan nama usaha Anda. Buatlah profil bisnis Anda sejelas dan selengkap mungkin. Mulai dari jam buka, nomer telpon dan uploadlah beberapa foto-foto terkait produk atau jasa yang dijual.

Buat juga post-post terkait produk yang dijual. Untuk review juga sangat mempengaruhi peringkat lokasi bisnis Anda di search engine Google.

2.Lakukan Riset Keyword untuk Local SEO

Anda pasti sudah tahu bahwa keyword adalah salah satu faktor penting dalam SEO. Maka itu dalam memilih keyword/kata kunci harus yang tepat dan terbaik. Dengan begitu, jika keyword bisnis Anda muncul di halaman pertama mesin pencari benar-benar mendatangkan calon pembeli. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meriset keyword yang tepat agar bisnis milik Anda mendapatkan ranking yang lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari. Cara riset keyword bisa menggunakan tool gratis antara lain google keyword planner, ubersuggest, tool keyword everywhere.

Setelah dapat keyword, jadikanlah keyword tersebut untuk bahan membuat artikel di website bisnis Anda. Buat artikel yang berkualitas dan informatif. Contoh yang saya lakukan dibawah ini adalah website usaha jasa sablon kaos saya yang ingin mendominasi di lokal wilayah dekat tempat usaha sablon saya.

tips local seo agar maksimal

3. Menganalisa kompetitor di lokal bisnis Anda

Dengan melakukan analisa kompetitor Anda, maka hal ini akan membantu Anda untuk menyusun strategi local SEO Anda. Beberapa hal yang bisa Anda dapatkan setelah menganalisa kompetitor di lokal bisnis Anda adalah:

  • Anda bisa menemukan siapa saja kompetitor bisnis Anda untuk local keywords yang Anda pilih
  • Lihat backlinks web yang di dapat oleh kompetitor Anda.Untuk mencari kompetitor bisnis Anda, Anda tinggal memasukkan local keyword yang ingin Anda gunakan pada bisnis Anda. Kemudian, Anda bisa melihat backlinks yang didapat kompetitor Anda dengan memasukkan URL website mereka yang muncul disearch engine ke website analisa link seperti Ahrefs dan Majestic, SEOquake atau analisa dengan semrush. Baca artikel saya yang berjudul cara analisa backlink pesaing
  • Anda bisa melihat berapa banyak review yang didapatkan pesaing Anda untuk bisa dapat peringkat terbaik google my bisnis di halaman hasil pencarian.
  • Hal-hal yang harus Anda perhatikan adalah domain authority, page authority, dan links yang mereka dapat. Ini akan membantu Anda untuk melihat seberapa populer dan kuatnya bisnis mereka di search engine.

Demikianlah artikel SEO saya tentang panduan SEO lokal agar maksimal. Silahkan optimalkan local business Anda sampai berhasil. Share artikel ini ke teman-teman Anda agar artikel bisa lebih bermanfaat bisa dibaca banyak orang. Terima kasih.

Diposting oleh

Darmanto adalah owner CV. Studio Web, sebuah perusahaan jasa pembuatan web SEO friendly, jasa desain blog, google adwords, jasa SEO profesional. Follow Channel telegramnya di https://t.me/darmantoseo

Belum ada Komentar untuk Panduan SEO Lokal Agar Maksimal

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Panduan SEO Lokal Agar Maksimal

Adwords Search Terms Dan Manfaatnya Untuk SEO

Adwords Search Terms Dan Manfaatnya Untuk SEO

T 11 November 2017 F , A Darmanto SEO

Sudahkah Anda memanfaatkan Adwords Search Terms untuk SEO? Dengan menggunakan  data dari adwords search terms, Anda bisa menemukan kata kunci yang orang ketikkan di search engine. Jika Anda mungkin selama ini baru memanfaatkan google keyword planner untuk riset keyword,maka mulai... Selengkapnya

eBook SEO Untuk Peserta Kursus SEO

T 5 Agustus 2014 F , A Darmanto SEO

eBook SEO Untuk Peserta Kursus SEO. Dalam rangka terus berupaya memberikan dan meningkatkan kualitas bagi para peserta Kursus SEO,Alhamdulillah mulai hari ini,saya sudah bisa memberikan eBook SEO FREE bagi semua peserta kursus SEO baik yang datang langsung (kursus via Offline) maupun... Selengkapnya

6 Tips Strategi SEO untuk Google Plus

T 11 Mei 2014 F A Darmanto SEO

SEO google plus semakin mantap. Para blogger kini banyak mengoptimalkan konten dengan Strategi SEO menggunakan Google Plus.Hari ini ada 6 Tips Strategi SEO untuk Google Plus yang saya dapatkan dari situs Business 2 Community yang sudah saya translate dan ada beberapa pengediatan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Legalitas Usaha

CV. STUDIO WEB
SIUP: 503.9/192/KPPT/PMK/11-22/II/2015
TDP: 112236321645
Akta Notaris no. 01
Detail Legalitas Kami Klik disini

Alamat

Office:
Jl. Raya Gili Tugel – Kreo KM 1, Rt. 039 Rw. 005

Desa Cibuyur, Kec. Warungpring

Kab. Pemalang, Jawa Tengah,52358