Ini Dia Pentingnya Menggunakan Tinta Printer Canon Original untuk Printer Canon Anda

Dengan semakin banyaknya pengguna komputer maka penggunaan mesin printer juga semakin banyak. printer merupakan salah satu perangkat keras output dari komputer dimana ia berfungsi untuk mencetak teks maupun gambar di sebuah kertas. Ada banyak merk mesin printer yang beredar di Indonesia, dimana Canon menjadi salah satu yang paling banyak digunakan dengan tingkat kepuasan pelanggan yang cukup tinggi. printer Canon banyak dipakai untuk skala pribadi, kantor hingga komersil karena awet dan handal untuk penggunaan yang cukup sering. Salah satu cara untuk menjadi printer Canon awet dan tetap handal adalah dengan menggunakan tinta printer Canon original sebagai pengisi cartridge di dalamnya.

Penggunaan tinta printer original sekarang ini mulai tergusur dengan penggunaan tinta buatan masyarakat yang memiliki harga jual lebih rendah. Tinta Capson original dijual dengan harga Rp. 85 ribu untuk tinta hitam dan Rp. 100 ribu untuk tinta warna dalam kemasan botol 100ml. Bandingkan dengan tinta buatan masyarakat untuk mesin Epson dengan harga Rp. 25 ribuan dengan kemasan yang sama. Perbedaan harga yang mencolok tersebut membuat masyarakat lebih memilih menggunakan tinta non original apalagi mesin printer mereka tetap bisa digunakan seperti biasanya.

Padahal, ada konsekuensi yang harus Anda bayar jika menggunakan tinta non original antara lain:

  1. Hangusnya masa garansi.
    Klaim garansi service akan hilang jika Anda tidak menggunakan tinta printer original. Hal ini tertera pada peraturan service gratis untuk masa garansi 1 tahun penggunaan.
  2. Cartridge bisa cepat rusak.
    Harga cartridge printer termasuk paling mahal dibandingkan komponen printer lainnya. penggunaan tinta non original jika tak memiliki komponen sesuai standar yang ditentukan akan cepat merusak cartridge karena meninggalkan residu. Meski Anda akan menghemat biaya pembelian tinta namun jika cartridge sampai rusak, Anda juga akan membutuhkan biaya tak sedikit untuk membeli yang baru.

Untuk membeli tinta printer Canon original, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah diberbagai toko misalnya:

  • Toko buku.
  • Toko komputer.
  • Mall.
  • Toko online.
  • Situs jual beli online.

Cara membeli tinta printer, pertama-tama Anda harus mengetahui tinta warna apa yang habis. Indikator tinta pada printer akan memberikan tanda jika salah satu tinta sudah mencapai batas minimum untuk segera diisi. Anda tinggal membuka instruksi tersebut untuk mengetahui tinta warna apa yang perlu dibeli. Untuk pengisian tinta, Anda bisa melakukannya dengan berhati-hati sesuai dengan petunjuk yang disertakan. Masukkan tinta dalam cartridge kemudian bersihkan jika Anda meninggalkan noda di cartridge maupun di printer menggunakan kertas tissue. Sisa tinta atau kotoran yang dibiarkan menempel bisa mengakibatkan kerusakan pada printer jika tak langsung dibersihkan.

Meski harga tinta printer Canon original lebih mahal jika dibandingkan dengan harga tinta Epson non original, namun sebaiknya Anda tetap menggunakan tinta originalnya sesuai dengan peraturan yang dianjurkan. Dengan begitu selama masa garansi Anda akan bisa mendapatkan service gratis jika sebelum 1 tahun pemakaian, printer Anda mengalami kendala. Menggunakan tinta original juga akan membuat cartridge printer Anda lebih awet dalam artian mencegah pergantiannya lebih lama sehingga juga bisa berarti menghemat dana karena harga cartridge yang cukup mahal. Belilah tinta original di tempat-tempat tersebut di atas sehingga Anda bisa mendapatkan seri tinta yang dibutuhkan dengan mudah. Selain mengetahui seri tinta, Anda juga bisa mencari seri yang cocok dengan mencocokkannya dengan seri printer yang digunakan.

× Butuh Bantuan, chat Kami sekarang