Beranda » SEO » Apa itu SEO Onpage dan SEO Offpage Serta Perbedaannya

Apa itu SEO Onpage dan SEO Offpage Serta Perbedaannya

T Diposting oleh pada 27 Januari 2018
F Kategori
b Komentar Dinonaktifkan pada Apa itu SEO Onpage dan SEO Offpage Serta Perbedaannya
@ Dilihat 742 kali

teknik seo onpage wordpress dan blogspotApa itu SEO Onpage dan SEO Offpage Serta Perbedaannya. Untuk seorang yang berkecimpung dalam dunia online marketing pastilah mereka sudah sangat terbiasa dengan yang namanya istilah SEO. SEO sendiri adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Ini adalah sebuah cara yang dilakukan untuk mengoptimalkan website sehingga website tersebut nantinya bisa mendapatkan ranking atau peringkat dan posisi yang terbaik di setiap mesin pencari.

Mesin pencari yang paling popular sampai saat ini sebut saja Google. Intinya, SEO ini adalah sebuah cara yang dilakukan dengan tujuan untuk membuat traffic di website yang dituju menjadi baik. Search Engine Optimization sendiri terdiri dari dua jenis kelompok yang bernama SEO Onpage dan juga SEO Offpage.

Mungkin Anda juga masih sering bingung tatkala banyak yang membahas mengenai SEO ini seakan sebuah hal yang sudah lumrah diketahui oleh banyak orang. Disini Anda akan mendapatkan informasi yang bermanfaat seputar apa itu SEO Onpage dan SEO Offpage.

Untuk Search Engine Optimization Offpage sendiri adalah sebuah strategi yang dilakukan dengan tujuan untuk proses optimalisasi sebuah website dari berbagai macam factor luar yang ada. kebanyakan, untuk jenis kegiatan dari SEO jenis yang pertama ini seputar pada dunia promosi dan juga dunia backlink. Nantinya dalam proses optimalisasi SEO Offpage akan dilakukan sebuah teknik yang bertujuan untuk membangun link yang secara tidak langsung akan diarahkan ke website yang Anda miliki. Istilahnya juga dikenal dengan nama link building. Untuk tujuan yang paling utama dari SEO Offpage ini adalah agar website tersebut bisa memperoleh traffic dengan jumlah lebih banyak serta nantinya bisa mendapatkan peringkat yang terbaik.

Dalam SEO Offpage ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan tahapan atau prosesnya antara lain adalah dengan cara melakukan social bookmark. Cara yang pertama ini adalah sebuah metode yang akan menandai URL yang ada di dalam social world. URL tersebut akan disisipkan dalam social bookmark dan nantinya akan bisa memberikan tanda untuk lokasinya ada dimana. Dengan begitu disaat dicari maka akan mempercepat dan mempermudah proses penemuannya.

Ada beberapa jenis social bookmark yang sangat popular seperti Digg, Pinterest, Delicious, Reddit dan juga StumbleUpon. Yang kedua adalah dengan Open Directory Project. Dalam tahapan yang satu ini adalah adanya fasilitas dari website lainnya untuk kemudian menyisipkan link atau artikel mengenai website yang Anda miliki lalu menyertakan link di dalam artikel tersebut. Berikutnya adalah social media.

Social media yang merupakan tempat dimana semua orang dari seluruh penjuru dunia berkumpul menjadi salah satu cara berinteraksi dan berhubungan tanpa batas. Yang terakhir adalah dengan melalui forum. Forum menjadi salah satu cara terbaik untuk Anda menyebar link yang Anda miliki. Namun bergabunglah dengan forum yang memang relevan dan credible sehingga memberikan hasil yang baik.

Selanjutnya adalah SEO Onpage yang merupakan tindakan optimasi yang dilakukan pada sebuah website atau juga blog dengan menggunakan kata kunci yang cukup sensitive jika dilakukan pencarian dengan search engine. Ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan penilaian yang sangat relevan dari search engine tersebut. Ada beberapa hal yang cukup penting yang perlu untuk Anda tahu disaat akan melakukan proses SEO Onpage tersebut yaitu:

  • Heading tag yang merupakan tahapan paling penting dalam SEO Onpage ini. Dengan adanya heading tag maka yang namanya perbedaan judul atau subjudul dan lainnya bisa terlihat. Nantinya search engine bisa langsung menilai apakah blog, website yang Anda punya cukup relevan untuk bisa dibaca oleh orang lain.
  • Meta description yang merupakan sebuah keterangan yang akan muncul dari halaman blog atau website Anda disaat dicari. Meta description dibuat otomatis dengan cara manual. Yang paling uniklah yang akan di klik oleh pengunjung.
  • Title tag dan juga emphasize adalah judul yang muncul di mesin pencari serta memberikan tanda di dalam kalimat yang dicari oleh pencari dengan bold, underline atau italic dan lainnya.
  • Selanjutnya masih ada juga image dan alt tag, optimasi URL, content optimalization, external link atau juga outbound link. Semuanya bermanfaat untuk memaksimalkan isi pada content yang paling penting dari SEO Onpage, link untuk alamat yang sudah terpercaya, atau kalimat yang dibuat dengan harapan akan langsung tertuju ke website, blog atau page yang ada.

Ketika semua hal yang sudah tertera diatas bisa dilakukan dengan baik dan maksimal maka hasilnya tentu saja website atau blog Anda akan bisa muncul pada deretan pertama di mesin pencari popular seperti Google. Nantinya yang akan dihasilkan adalah semakin banyak orang yang akan mengunjungi website Anda tersebut dan tentu saja akan membuat banyak pengunjung akan semakin percaya dengan kredibilitasnya.

Diposting oleh

Darmanto adalah owner CV. Studio Web, sebuah perusahaan jasa pembuatan web SEO friendly, jasa desain blog, google ads, jasa SEO profesional. Follow Channel telegramnya di https://t.me/darmantoseo

Komentar dinonaktifkan: Apa itu SEO Onpage dan SEO Offpage Serta Perbedaannya

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Apa itu SEO Onpage dan SEO Offpage Serta Perbedaannya

MobileGeddon Sistem Algoritma Terbaru Google 2015

MobileGeddon, Sistem Algoritma Terbaru Google 2015 Sudah Mulai Berlaku

T 26 April 2015 F A Darmanto SEO

​ Sistem Algoritma terbaru Google 2015 telah berlaku sejak 21 April 2015 lalu. Algoritma baru tersebut di beri nama Algoritma MobileGeddon. Algoritma MobileGeddon adalah sistem algoritma untuk memberikan peringkat suatu website berdasarkan tingkat mobile friendly website tersebut. Website yang templatenya sudah mobile friendly... Selengkapnya

Mengenal Jenis Keyword dalam SEO website

Jenis Keyword dalam SEO website

T 30 Januari 2018 F A Darmanto SEO

Jenis Keyword ada bermacam-macam. Pada artikel kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang berbagai jenis keyword dalam SEO website. Seperti halnya suatu konten yang memiliki banyak kategori (sesuai niche market yang dituju), keyword juga memiliki banyak ragam dan variasi. Terdapat... Selengkapnya

Cara kirim sitemap web wordpress ke Google webmaster tools

Cara Kirim Sitemap Web WordPress ke Google webmaster tools

T 12 Februari 2018 F , A Darmanto SEO

Cara kirim sitemap web wordpress ke Google webmaster tools tidak jauh berbeda dengan cara kirim sitemap web blogspot. Sitemap web membantu search engine untuk membantu mempercepat menemukan konten -konten website Anda. Setelah menelusuri konten, search engine akan menilai dan meranking... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Operation time

Senin-Jumat: 08.00-17.00
Sabtu: 08.00-16.00
Minggu: Buka dengan buat janji dulu
Email: admin(at)darmanto.com

Alamat

Darmanto:
Jl. Raya Gili Tugel – Kreo KM 1, Rt. 039 Rw. 005

Desa Cibuyur, Kec. Warungpring

Kab. Pemalang, Jawa Tengah,52358

Butuh Bantuan? Chat Kami Sekarang