Beranda » Blog » Cara Memulai Bisnis Online Dengan 3 Langkah Saja

Cara Memulai Bisnis Online Dengan 3 Langkah Saja

T Diposting oleh pada 11 June 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 293 kali

Cara memulai Bisnis OnlineCara memulai bisnis online itu bagaimana? Itulah pertanyaan yang sering masuk ke telpon, SMS, Chat Facebook dan email saya. Pengertian dari bisnis online itu sendiri memiliki devinisi yang cukup luas, namun secara mudahnya adalah segala bisnis/usaha yang dijalankan melalui online/internet adalah bisnis online. Awal mula saya memulai bisnis online saya waktu itu adalah saya tertarik dengan berbagai macam kisah luar biasa orang-orang yang bisa menghasilkan uang lewat online, lalu saya cari tahu bagaimana mereka mulai bisnis online hingga mereka bisa dapat penghasilan.

Memulai bisnis online bagi saya yang hanyalah seorang yang punya pendidikan rendah awalnya adalah karena sebuah “keterpaksaan saja”.  Dalam dunia kerja orang yang punya pendidikan rendah akan lumayan sulit untuk mendapatkan gaji yang besar. Untuk itu saya mulai belajar bagaimana cara memulai bisnis online dengan hanya modal pendidikan rendah tapi saya bisa dapat gaji besar.

Dari hasil googling dan kebetulan pada saat itu saya berkenalan dengan seorang teman sejati yang sedang belajar memulai bisnis online dan beliau pada saat itu sudah mengikuti kursus tentang cara memulai bisnis online kepada salah seorang trainer bisnis online yang namanya sudah terkenal di Indonesia. Kebetulan saya di ijinkan “pinjam buku dan saya foto copy” materi yang ada dalam buku tentang bisnis online tersebut.

Dengan modal awal membaca buku tentang bisnis online tersebut, saya mulai menemukan ide dan cara memulai bisnis online. Dan pada akhirnya kurang lebih 6 bulan saya belajar otodidak bisnis online, saya mulai mendapatkan penghasilan. Dan dengan bisnis online inilah yang 99% saat ini sebagai sarana saya dalam mencukupi kebutuhan keluarga saya dan menjadi sumber penghasilan saya yang setiap hari memberikan saya “gaji online” yang menurut saya cukup besar.

Melalui tulisan ini, saya akan bagikan bagaimana langkah-langkah yang perlu disiapkan jika Anda ingin memulai bisnis online. Banyak orang yang gagal mendapatkan penghasilan lewat online karena salah melangkah dan tidak tahu mau darimana untuk mulai bisnis online. Kiranya dengan tulisan yang akan saya bagikan ini, Anda bisa lebih mudah untuk mempercepat dalam memulai bisnis online dan akan segera mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

Enaknya bisnis online adalah mudah dilakukan darimana saja selagi ada jaringan internet. Modal bisnis online bisa dimulai dengan cara “gratisan” dan tidak harus punya pendidikan tinggi. Penghasilan online tanpa batas.

Oke langsung saja inilah langkah-langkah yang perlu di siapkan oleh Anda jika mau memulai bisnis online:

Pada dasarnya untuk mulai bisnis online tidak ada aturan pasti langkah-langkah apa yang benar dan harus dilakukan dulu. Namun dari pengalaman saya ada 3 langkah awal yang perlu di persiapkan yaitu:

  1. Tentukan dulu apa yang mau Anda jual melalui online
  2. Buat media online untuk jualan
  3. Promosikan media jualan online Anda

Penjelasan dari 3 langkah mulai bisnis online adalah sebagai berikut:

1.Menentukan Apa Yang Mau Anda Jual Melalui Online

Jika Anda mau mulai bisnis online, maka langkah pertama yang harus Anda tentukan adalah riset produk, memilih produk, menentukan produk apa yang ingin Anda jual via online. Pertama-tama adalah putuskan apa yang akan Kamu jual. Menentukan apa yang mau dijual sangat penting dalam melangkah untuk menuju sukses ke masa depan.

Pada dasarnya yang dijual melalui online itu ada dua macam yaitu jualanan produk dan jualan jasa

CARA MEMULAI BISNIS ONLINE DENGAN JUALAN PRODUK

Memilih produk yang mau dijual penting sekali. Produk yang mau dijual hendaklah memiliki manfaat untuk orang banyak dan bisa membantu mengatasi masalah orang. Istilah mudahnya adalah jualan produk lewat online yang paling mudah adalah jualan problem solving.

Carilah apa yang kira-kira produk yang sedang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Carilah produk apa yang banyak dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar Anda. Jadikan diri Anda sebagai problem solver, jadikan Anda adalah sebagai pemberi solusi dari permasalahan orang lain.

Contoh sederhana menjadi seorang problem solver adalah jika ada orang sedang butuh suatu obat yang bisa mengatasi jerawat, maka Anda carilah obat jerawat tersebut dan tawarkanlah ke orang yang sedang membutuhkan obat tersebut.

Carilah produk-produk yang mau dijual cepat laku dan banyak yang membutuhkan.

Mengenai jenis produk yang dijual lewat online, bisa berbentuk produk fisik maupun digital.

Contoh produk fisik antara lain: fashion, obat herbal, makanan, minuman, jam tangan, smartphone, motor, mobil, rumah dan bangunan.

Contoh barang/produk digital antara lain: ebook, kursus online, software.

CARA MEMULAI BISNIS ONLINE DENGAN JUALAN JASA

Contoh jualan jasa yang bisa dijual via online sangat banyak. Saat ini hampir semua jasa bisa dijual lewat online dan hampir semua jasa yang biasa promo lewat offline saat ini sudah promosi lewat online. Contoh jasa seperti menjual jasa pembuatan website, jasa SEO, jasa online marketing, jasa agen umroh & haji, jasa rental mobil, jasa sedot wc, jasa agen tour & travel, jasa pembuatan artikel dan lain-lain.

Setelah Anda menentukan produk atau jasa yang akan Anda jual, maka segeralah mulai jual produk atau jasa yang Anda tentukan tersebut. Jangan terlalu banyak pertimbangan jika mau julanan, lakukan saja. Jangan menyusun konsep usaha terlalu detail dulu, jangan terlalu banyak mencari ide jualan. LANGSUNG LAKUKAN APA YANG SUDAH ADA DALAM PIKIRAN TERSEBUT. PENGALAMAN DALAM JUALAN AKAN DIDAPATKAN MANAKALA ANDA MULAI MENJALANKAN JUALAN TERSEBUT.

Menjual produk maupun jualan jasa tidak harus milik sendiri. Anda bisa juga mulai menjualkan produk atau jasa punya orang lain dulu, bisa dengan konsep dropship, jadi reseller, kerjasama penjualan, makelar atau sebagai affiliate marketing (jualan produk affiliate).

Dengan menjual produk orang lain dulu, Anda bisa mulai bisnis online tanpa perlu modal besar untuk stok produk dan potensi kerugian bisa seminimal mungkin

2.Buat media online untuk jualan

Langkah kedua untuk memulai bisnis online adalah buat media online untuk jualan. Karena setelah anda menentukan produk atau jasa yang ingin Anda jual melalui online, maka Kamu memerlukan media online untuk promosi yang dijual Anda tersebut.

Untuk media online yang bisa digunakan untuk promosi julanan Anda, cara yang bisa dimulai adalah dengan Anda membuat media promo melalui akun situs social media Anda. Promosi lewat media aplikasi social chat, melalui website, melalui blog gratisan dan promosi melalui situs marketplace.

Contoh promosi media online untuk berjualan:

  • Facebook
  • Google Plus
  • Twitter
  • Instagram
  • Pinterest
  • WhatsApp
  • Blackberry
  • LINE
  • Kaskus
  • Bukalapak
  • OLX
  • Youtube
  • Tokopedia
  • Blog
  • Website, dll

Media online diatas dipilih duluan karena itu karena gratis atau minim biaya dan bisa langsung Anda manfaatkan untuk promosi dan berjualan. Khusus untuk website/blog, saran saya lebih diutamakan buat duluan karena jika Anda sudah punya website, promosi jualan Anda akan menjadi lebih mudah. Web tersebut bisa Anda jadikan sebagai pusat tempat rujukan ketika Anda hendak mengenalkan jualan Anda di akun social media Anda, forum, marketplace, ataupun situs jualan lainnya.

Dengan web, calon konsumen/pembeli Anda tidak terbatas. Jika Anda hanya menggunakan akun social media, aplikasi social chat, maka konsumen Anda terbatas hanya pada sesama pengguna akun social media saja. Anda juga sewaktu-waktu bisa kehilangan konsumen. Jika akun social media Anda tersebut dihapus, maka Anda akan kehilangan konsumen Anda

Dengan punya web, Anda kan lebih mudah dan cepat dalam mengenalkan apa yang dijual. Pada artikel lain insyaAllah akan saya bagikan cara membuat web dengan platform blogspot dan wordpress.

3.Promosikan media jualan online Anda

  • Untuk media jualan menggunakan akun social media, promosikan social media Anda tersebut baik secara manual (gratis), maupun cara otomatis (berbayar). Promosi berbayar lebih saya sarankan.
  • Untuk promosi media jualan online lewat web/blog, langkah yang paling utama adalah isilah blog tersebut dengan informasi produk / jasa yang ingin Anda jual. Buatlah isi weblog yang menarik, kreatif dan jangan asal copy paste isi blog milik orang lain.
  • Buat duluan halaman isi web standar usaha yaitu Isi tentang produk yang mau dijual dan data kontak Anda. Saran saya buatlah data kontak Anda sejelas dan selengkap mungkin. Semakin jelas kontak Anda, maka akan semakin yakin orang yang akan beli dagangan Anda. Calon pembeli Anda juga jadi mudah komunikasi dengan Anda.
  • Setelah isi web cukup informatif,maka promosikan webs Anda. Promosikan website Anda ke semua akun social media Anda, aplikasi chat Anda. Lakukan secara konsisten. Kenalkan website Anda ke berbagai forum seperti kaskus dan ke berbagai marketplace yang Anda punya.
  • Promosikan website Anda dengan cara gratisan maupun berbayar seperti melalui iklan google, iklan facebook, iklan twitter, dll. Untuk promosi web yang lebih “Advance” dan akan lebih hemat biaya untuk jangka panjangnya adalah promosi melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, yaitu dengan menggunakan teknik SEO.

Ebook SEOBacalah tutorial teknik SEO offpage dan teknik SEO onpage yang sudah saya bagikan.

Jika Anda sudah menentukan apa yang mau dijual, sudah buat media online untuk jualan, sudah mulai promosi media jualan online Anda, maka Anda tinggal fokus dan konsisten dalam berjualan lewat online.

Salam sukses dan ayo semangat mulai bisnis online!

Apabila artikel cara memulai bisnis online yang sudah Anda baca ini ada manfaatnya untuk Anda, ayo share ke teman-teman Anda agar mereka juga bisa tahu dan ikut membacanya!

Diposting oleh

Owner CV. Studio Web, sebuah perusahaan jasa pembuatan website SEO, jasa desain blog, google adwords, jasa SEO profesional. Hubungi CS Kami telpon/SMS/WA: 082310361484 (Puspa) untuk respon layanan cepat

Belum ada Komentar untuk Cara Memulai Bisnis Online Dengan 3 Langkah Saja

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Cara Memulai Bisnis Online Dengan 3 Langkah Saja

Tukang SEO Kampung Mulai Melambung

Tukang SEO Kampung Mulai Melambung

T 21 August 2013F A Darmanto SEO

Tukang SEO Kampung jangan dianggap remeh kemampuannya.Hal ini bisa Anda cek sendiri posisi website-website yang di optimasi oleh mereka para penyedia Jasa SEO yang ada di kampung dan saat ini lebih sering dipakai istilah Tukang SEO Kampung. Nah bagi Anda... Selengkapnya

pakar seo garansi

Pakar SEO Indonesia Yang Benar

T 11 July 2013F A Darmanto SEO

Di Indonesia katanya nih,ada Pakar SEO.Namun dimanakah sebenarnya tempat Pakar SEO  di Indonesia.Dari hasil search engine di Google begitu mengetik keyword Pakar SEO Indonesia muncul begitu banyak nama yang katanya sudah jadi Pakar SEO. Pakar SEO Indonesia saya datangi lewat... Selengkapnya

5 Cara Mempromosikan Blog Baru Milik Anda (1)

5 Cara Mempromosikan Blog Baru Milik Anda (1)

T 23 October 2011F , A Darmanto SEO

Cara Mempromosikan Blog Baru memang memerlukan waktu dan tenaga yang lumayan,namun dengan cara dibawah ini,maka untuk promosi blog baru akan cukup efektif. Setelah selesai membuat blog, hal yg tak kalah pentingnya adalah bagaimana cara mempromosikan/memperkenalkan blog milik Anda pada dunia ramai.... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.