5 Cara Mempromosikan Blog Baru Milik Anda

Cara Mempromosikan Blog Baru memang memerlukan waktu dan tenaga yang lumayan,namun dengan cara dibawah ini,maka untuk promosi blog baru akan cukup efektif. Setelah selesai membuat blog, hal yg tak kalah pentingnya adalah bagaimana cara mempromosikan/memperkenalkan blog milik Anda pada dunia ramai.

Pada prinsipnya, jika ingin promosi blog/website dengan cara instant, Anda bisa promosi dengan yang berbayar menggunakan media yang populer untuk promosi seperti Google adwords, facebook ads atau twitter ads.

Jika Anda belum punya anggaran untuk promosi blog, ada 5 cara yang dulu saya lakukan untuk mempromosikan blog saya ini. Mungkin Anda bisa ikuti cara saya. Apa gunanya membuat blog kalau isi curhat, puisi, cerpen, refleksi dan opini Anda yang diposting tidak dibaca orang, menyedihkan bukan? Mempromosikan blog/web yang masih baru adalah suatu hal yang perlu Anda lakukan jika blog Anda ingin dikenal orang dan banyak visitornya.

Nah berikut ini Ikuti langkah-langkah promosi blog yang akan saya buat secara bersambung sebagai berikut:

(1) Daftarkan di blog directory

Daftarkan blog Anda ke berbagai direktori blog (blog directory). Sedikitnya, daftarkan di 4 blog directory terbesar dan terpopuler saat ini, yaitu

  • ontoplist.com
  • http://feedburner.com
  • http://blogdigger.com
  • www.blogcatalog.com

Ikuti seluruh petunjuk pada 4 blog directory tersebut ketika mendaftar.Blog-blog directory ini nantinya secara otomatis akan mengirim data blog dan posting-posting anda ke berbagai search engine, termasuk mengirimkan ke 3 search engine besar saat ini yaitu: https://google.com, http://msn.com, http://yahoo.com.

(2). Link-trade, Link Exchange atau Tukar Link

Ajak teman anda yg memiliki blog untuk saling tukar link. Link URL anda di blog dia, dan jangan lupa anda juga memasukkan link blog teman anda tsb. di blog anda. Dalam dunia blog, ini disebut juga dg istilah BLOGROLL. Dan blogroll ini salah satu penyebab cepatnya popularitas blog di seluruh dunia, mengalahkan website yg biasa.

Blogroll atau link-exchange tidak harus melalui permintaan, bisa juga dengan saling suka rela. Umpamanya, ada seseorang blogger (pemilik blog) yang memasang link Anda di blog dia, apabila Anda tahu, maka Anda juga “berkewajiban” menambah link blog dia di blog Anda. Apabila tidak, maka akan dicap sebagai “blogger pelit”. Di dunia maya pun, sebagaimana di dunia nyata, orang pelit akan selalu teralienasi. Dengan kata lain, sedikit “tamu”nya. 🙂

(3) Berkunjung ke blog lain atau melakukan blogwalking

Untuk menambah teman untuk diajak blogroll, sempatkan berkunjung ke blog-blog lain, dan berkomentar di buku tamu atau tagboard mereka atau berkomentar di tulisan mereka sambil jangan lupa memasang alamat blog Anda di blog mereka. Dalam waktu tidak lama, mereka biasanya juga akan “bertamu balik” ke “rumah” atau blog Anda.

(4) Aktivitas posting secara terjadwal

Usahakan sedikitnya satu kali posting setiap harinya. Posting yang teratur di blog, akan membuat tamu datang secara teratur juga. Blog baru yang masih minim artikel perlu rajin diupdate.

(5) Tuliskan Alamat blog di signature email

Tulis alamat blog/web Anda di signature email. Sehingga setiap anda menulis email ke pribadi atau ke milis, alamat blog anda akan selalu muncul, dan “menggoda” orang untuk berkunjung. Memposting ringkasan tulisan di blog Anda ke milis juga akan sangat menggoda member milis untuk datang ke blog Anda. (bersambung)

Demikianlah 5 Cara Mempromosikan Blog yang bisa saya bagikan di blog ini, cara promosi blog bagian kedua akan dilanjutkan pada postingan selanjutnya.

7 thoughts on “5 Cara Mempromosikan Blog Baru Milik Anda

Comments are closed.

× Butuh Bantuan?