Inspiratif, Kisah Penjaga Warnet yang Sukses Menjadi Anak Muda Terkaya di Indonesia!

Kisah Penjaga Warnet yang Sukses Menjadi Anak Muda Terkaya di Indonesia
Inilah kisah sukses dari seorang pemuda Indonesia yang dimasa usianya masih muda sudah berhasil menjadi salah seorang anak muda terkaya di Indonesia. Pemuda inspiratif ini bernama William Tanuwijaya seorang mahasiswa sebuah universitas swasta di Indonesia yang memiliki mimpi besar di Masa Depan. (Baca juga ya kisah Ibu rumah tangga yang sukses dengan bisnis sepatu dari pelepah daun pisang). Sebuah kisah yang diawali dengan sebuah pekerjaan sampingan di luar jam kewajibannya dalam belajar, ia kini sukses menjadi seorang pengusaha muda terkaya di Indonesia. Dengan bekal tekad dan kemampuannya dalam dunia kerja, ia yang awalnya hanya bermimpi untuk memiliki ratusan hingga jutaan uang kini menjadi sebuah kenyataan. Dikutip dari berbagai sumber, inilah perjuangan awal berdirinya Tokopedia hingga sukses seperti sekarang

Berawal Dari Penjaga Warnet

Belakangan ini, hampir setiap hari kita banyak melihat iklan-iklan Tokopedia di media cetak, TV hingga billboard. Menariknya, kesuksesan William Tanuwijaya, Sang Pendiri Tokopedia justru berawal dari warung internet alias warnet.  Ia sempat menjadi penjaga warnet semasa kuliah dengan bayaran yang sangat kecil. Namun menurutnya, justru ketika menjadi penjaga warnet inilah ia begitu banyak mendapatkan pengetahuan melalui internet yang merupakan gudang ilmu terbesar di dunia. Sebuah pekerjaan yang dilakukannya di luar jam sekolahnya ini membawanya mendapatkan berbagai ilmu baru yang kemudian ia kembangkan menjadi seperti sekarang.

Selain itu, ia juga pada tahun 2007 juga sempat bekerja di Forum jual beli. Dan di saat itulah ia menemukan banyak sekali komplain pengguna forum jual beli tersebut karena banyaknya penipuan transaksi. Ia pun merenung dan berpikir bahwa seharusnya internet bisa menjadi sarana jual beli yang aman. Pengalamannya inilah yang membuat dirinya mampu mengembangkan sebuah toko online yang sekarang kita sebut dengan Tokopedia. 

Rintangan Awal Berdirinya Tokopedia

Disaat awal ia memulai untuk mewujudkan niatnya itu, ia sempat diremehkan oleh orang-orang. Latar belakang keluarganya yang tidak ada satu pun yang dari kalangan bisnis dan juga latar belakang pendidikannya yaitu tentang Nusantara Indonesia, yang tidak sesuai dengan bisnis yang ingin ia jalankan, membuat banyak orang meragukannya, apalagi memberikan modal. Mereka menyarankan agar William lebih realistis. Tapi niatnya tak surut. Ia tetap berusaha mencari investor yang mau meminjamkan dana untuk membangun usahanya itu. 

Setelah selama dua tahun mencari modal, akhirnya ada yang memberikan modal, yaitu bosnya sendiri saat ia masih menjadi karyawan. Akhirnya pada tahun 2009, Tokopedia pun berdiri. Tokopedia diluncurkan dengan versi beta pada tanggal 17 Agustus 2009 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia. William Tanuwijaya, Alpha Edisondan, beserta dua orang temannya bekerja keras membangun impian mereka di sebuah ruko di lantai 3 Rukan Permata Senayan E7 Jakarta yang menjadi kantor PT. Tokopedia.

Awal Kesuksesan Tokopedia

Setelah berjuang untuk mendirikan Tokopedia, Tokopedia tak lama kemudian mendapatkan modal dari East Venture. Lalu kemudian Tokopedia banyak mendapat suntikan dana dari asing. Dengan suntikan dana Rp 1,3 triliuan dari SoftBank Jepang, kini Tokopedia sudah bernilai belasan triliun. Setiap tahun sejak tahun 2010, Tokopedia selalu mendapat modal dari East Ventures (pada 2010), CyberAgent Ventures (2011), Beenos (2012), dan SoftBank (2013). Bahkan, Tokopedia mendapat investasi lagi dari SoftBank dan Sequoia Capital pada Oktober 2014 senilai US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun. Investasi ini merupakan yang terbesar bagi perusahaan internet Indonesia dan Asia Tenggara.

Tokopedia semakin berkembang

Pada bulan-bulan awal berdirinya Tokopedia , Tokopedia berhasil menggandeng 509 merchants dengan 4560 members. Bahkan pada tahun pertamanya Tokopedia  berhasil menggaet hampir 4659 merchants dengan 44785 members.  Jumlah transaksi bulan pertama hanya Rp 33 juta lalu meroket hingga Rp 5,954 milyar pada ulang tahun pertama 17 Agustus 2010. Limit harga produk pun dinaikkan dari awalnya Rp 9,99 juta menjadi senilai Rp 25 juta. Begitu juga dengan limit transaksi pada marketplace Tokopedia naik dari awalnya Rp 15 juta menjadi Rp 40 juta.

Setelah mendapatkan berbagai suntikan dana yang mencapai triliunan, kini Tokopedia semakin berkembang pesat. William Tanuwijaya selaku pendiri Tokopedia pun berusaha meningkatkan SDM dan juga promosi. Dan saat ini Tokopedia menjadi marketplace yang favorit bagi para penjual dan pembeli online karena keamanannya. Perusahaan yang dikenal sebagai marketplace yang mempertemukan penjual dan pembeli untuk bertransaksi secara langsung melalui digital. Layaknya seperti mal digital perusahaan ini juga menyediakan buka lapak untuk para penjual untuk memasarkan produk mereka dan untuk para penjual bebas mencari produk yang akan mereka beli. 

Sungguh sebuah kisah yang sangat inspiratif dari seorang Willian Tanuwijaya  yang berhasil membangun marketplace besar di Indonesia. Yang awalnya sempat diremehkan namun mendapat suntikan modal yang amat besar dan menjadikan usaha mereka juga sangat besar. Untuk itu, mari kita sebagai sesama pengguna internet agar selalu memanfaatkannya yang bukan hanya  untuk mencari berbagai informasi namun juga bisa dijadikan sebagai ladang untuk kita meraup keuntungan yang lebih besar.

Contact

About us

Darmanto.com merupakan web bagian dari situs resmi grup usaha CV. Studio Web, sebuah perusahaan layanan jasa desain website, jasa SEO, Google adwords, Facebook ads, maintenance web dan jasa lain yang terkait website.

Alamat:

Desa Cibuyur Rt. 036/05, Warungpring, Pemalang, Jawa Tengah

Jam Kerja:

Senin- Sabtu, 08.00 to 17.00 WIB

Call Center,Telpon/SMS/WA:

0817 0133 458 BBM: 5B5A6B61