Pilih Blogspot apa Wordpress ya?

 Pilih Blogspot apa Wordpress
Memilih platform mana yang mau digunakan pada saat mau membuat blog atau website adalah hal pertama yang dilakukan.Blog dengan platform WordPress dan Blogger/blogspot merupakan platform blog dengan pengguna terbanyak saat ini, banyak platform lain namun nyatanya tidak bisa menyingkirkan dua nama platform ini.

Saking terkenalnya orang-orang hanya ingin membandingkan antara wordpress dan blogger dengan mengesampingkan platform lainnya. Terkadang orang-orang pun dibuat bingung untuk memilih wordpress atau blogger, untuk membantu memilih platform mana yang mau digunakan dan cocok dengan Anda,berikut ini perbandingan platform antara wordpress dan blogspot:

1.WordPress, adalah sebuah CMS merupakan sebuah script atau boleh dibilang software (yang dapat didownload gratis di wordpress.org) kegunaannya untuk mempermudah pengelolaan konten, baik itu konten website maupun blog. Selain itu wordpress memiliki layanan pembuatan blog gratis di wordpress.com, berbeda dengan CMS dari wordpress.org yang harus memiliki hosting sendiri untuk menggunakannya, wordpress.com merupakan layanan pembuatan blog gratis tanpa harus memiliki hosting sendiri, namun dengan banyaknya keterbatasan seperti tidak boleh menggunakan javascript, tidak tersedia plugin, dll.

2.Blogger, merupakan layanan pembuatan blog gratis seperti wordpress.com. blogger sendiri berada dibawah naungan google, tidak heran jika akhirnya banyak orang menggunakan layanan blogger karena memang blogger dikelola oleh perusahaan besar. Selain itu kehandalan server tidak perlu diragukan lagi, blogger jarang sekali gangguan.

Dilihat dari segi aspek, berikut ini perbandingan antara wordpress dan blogger yang perlu diperhatikan juga sebelum menentukan pilihan platform blog Anda:

  • Fitur

  • Jika kita bandingkan wordpress.org dan blogger tentu saja wordpress lebih unggul, dimana seseorang bisa lebih leluasa dalam mengelola sebuah blog. WordPress juga memiliki plugin, sebuah fitur tambahan untuk mempermudah pengaturan konten. Tidak sampai disitu dengan wordpress seseorang dapat membuat website dengan script yang compleks. CMS wordpress sendiri sangat banyak digunakan oleh website-website besar.

  • Penggunaan

  • Dalam segi penggunaan sepertinya blogger lebih unggul, orang awam yang baru mengenal dunia blog beberapa hari pun pasti akan langsung bisa menggunakan blogger. Blogger sangat simple, dimana pengguna tidak perlu memikirkan hosting, cara memanage server, tidak perlu mengerti bahasa pemograman, dsb.

  • Biaya

  • Dari segi biaya, jika menggunakan wordpress.org tentu kita harus menyewa hosting dan domain, tidak seperti blogger yang sudah menyediakan hosting gratis dan subdomain gratis, di wordpress kita harus menyewa domain dan hosting sendiri. Memang ada wordpress.com yang menyediakan subdomain dan hosting sendiri, namun dalam hal fitur saya rasa blogger lebih baik dibandingkan wordpress.com. Subdomain blogger dan wordpress.com juga dapat diganti, namun ini akan memakan biaya tambahan penyewaan domain. Misalnya namaanda.blogspot.com atau namasaya.wordpress.com dapat diganti dengan top level domain seperti www.namaanda.com, namaanda.net, dan sebagainya.

  • Keamanan

  • Selama anda tidak memberikan kata sandi anda ke orang lain, blog di blogger akan aman dari gangguan hacker. Berbeda dengan wordpress.org, wordpress.org sangat rawan oleh tindakan hacking banyak cara untuk membobol cpanel atau database blog di wordpress, namun dengan wordpress jika kita mengerti bahasa pemograman kita akan dapat meminimalisir segala tindakan hacking. Tapi perlu diingat, “tidak ada blog atau situs di internet yang tidak mempunyai bug/celah” tidak terkecuali situs besar seperti google.

  • SEO

  • Lebih sering mana wordpress atau blogspot yang muncul di mesin pencari (google, yahoo, bing, ask, dll)???  Untuk menjawabnya,tentu saja dalam hal seo semua kembali lagi ke sang pengelola situs, banyak orang beranggapan kalau blogger lebih seo friendly dengan search engine google, karena blogger produk dari google. Namun tidak sedikit pula orang menganggap wordpress lebih baik dalam hal seo karena adanya plugin-plugin seo, bahkan engginer google “matt cutts” menggunakan CMS wordpress untuk mengelola blognya. Menurut saya baik blogger maupun wordpress keduanya sama saja dalam hal seo, semua tergantung siapa yang mengelolanya.

    KESIMPULAN UNTUK MEMILIH PLATFORM BLOG:

    - Jika anda seseorang dengan dana lebih dan menginginkan blog dengan banyak fitur, tentu saja wordpress pilihan terbaik.
    - Namun jika tidak ingin pusing dengan script, database, biaya dan menginginkan blog yang simple, blogger.com bisa jadi pilihan terbaik.
    - Blogger bagus untuk blogger pemula 
    - Dengan segala kelebihannya, wordpress sangat cocok untuk anda yang sudah expert.

    Itulah kiranya kesimpulan yang bisa saya sampaikan bila sobat hendak menentukan pilihan platform blog apakah akan memilih blogger dan wordpress, semoga dengan kesimpulan ini anda sudah bisa menentukan mana yang sebaiknya anda gunakan dan sesuai dengan kemampuan Anda.

    Contact

    About us

    Darmanto.com merupakan web bagian dari situs resmi grup usaha CV. Studio Web, sebuah perusahaan layanan jasa desain website, jasa SEO, Google adwords, Facebook ads, maintenance web dan jasa lain yang terkait website.

    Alamat:

    Desa Cibuyur Rt. 036/05, Warungpring, Pemalang, Jawa Tengah

    Jam Kerja:

    Senin- Sabtu, 08.00 to 17.00 WIB

    Call Center,Telpon/SMS/WA:

    0817 0133 458 BBM: 5B5A6B61