Membuat Template blogspot agar SEO Friendly

Membuat Template blogspot agar SEO Friendly -Sebenarnya pada catatan saya ini belum pantas untuk berbagi tentang Tehnik  SEO Blogspot.Hal ini di karenakan saya sendiri masih Belajar SEO.Tapi pada catatan saya ini saya mau berbagi tentang Membuat template blogspot agar SEO friendly di karenakan ada beberapa sobat yang menanyakan tentang tehnik SEO seperti apa yang saya terapkan pada blog sederhana ini.

Tutorial step by step tentang membuat template blogspot agar lebih SEO friendly kali ini adalah salah satu tutorial cara meningkatkan halaman kita lebih mudah di index mesin pencari.Inilah tutorial SEO yang saya terapkan pada blog catatan saya ini:

1. Merubah judul artikel di depan judul blog.
Biasanya format page title dari blogger kan seperti ini : JUDUL BLOG : JUDUL POSTING, nah agar blog kita lebih disukai oleh google yang semoga saja blog kita bisa jadi lebih rame, kita harus merubah format page title standart itu menjadi seperti ini : JUDUL POSTING | JUDUL BLOG. Caranya cari kode berikut dengan cara EDIT HTML dan cari kode dibawah ini;


<title><data:blog.pageTitle/></title>

Kalo udah dapet kodenya hapus dan ganti dengan kode berikut ini :

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>

Atau sobat juga bisa tambahin beberapa kata kunci ( keyword ) :

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/> | Kata kunci sobat | Kata kunci sobat </title>
</b:if>

Ganti kode "kata kunci" dengan keyword yang sobat incar. Setelah semua selesai jangan lupa di save template.

2. Memperjelas Meta keyword dan deskripsi
Suatu mesin pencari seperti google sangat menyukai sebuah website / blog yang jelas tema dan isi content-nya. Jadi , sobat harus nambahin suatu tag yang namanya meta tag. Caranya adalah dengan menambahkan kode berikut ini sebelum kode <b:skin><![CDATA[/*


<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta name="description" content="Deskripsi Blog anda" />
<meta name="keywords" content="Kata kunci , kata kunci, kata kunci, kata kunci , kata kunci" />
</b:if>
Kalau sudah membuat meta keyword dan deskripsi,langsung di save ya...

3. Memasang Breadcrumbs.
Breadcrumbs adalah menu navigasi yang ada diatas sebuah posting atau artikel. Contohnya bisa dilihat diblog catatan ini.

4. Memasang Related Post.
Related post atau artikel terkait atau postingan terkait sangat bagus untuk SEO maupun buat pengunjung. Jadi pasang related post di blog sobat. Untuk Cara membuat related post di blogger ada beberapa pilihan,salah satunya mungkin sobat bisa memilih memasang related post seperti blog ini.

5. Mematikan setting archive ( arsip )
Mematikan setting archive (arsip) caranya adalah : Setelah login klik tab setting >> Archiving >> pada bagian Archiving frequency ubah menjadi no archive. >> selesai simpan setting.

Atau jika tidak ingin menonaktifkan fungsi arsip, silahkan letakkan kode berikut dibawah kode <head> :


<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><meta content='noindex' name='robots'/></b:if>

6. Menambahkan kode ‘rel=canonical’
Gunanya kita menambahkan ‘rel=canonical’ adalah untuk menghindari konten ganda, karena seperti para master of SEO bilang bahwa google sangat tidak dapat mentolerir sebuah duplicate content.Duplicate content biasanya terjadi bagi sobat yang sering copy paste catatan milik orang lain,seperti saya jugaa heheheee...Cara membuatnya adalah; Edit html tambahkan kode berikut setelah kode <head>


<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' />

Save template dan selesai

7. Tag Heading
Google sangat menyukai sebuah tulisan atau judul dengan tag H1. Oleh karena itu ubahlah ukuran judul posting sobat dengan tag H1. Caranya cari kode berikut :

<b:if cond='data:post.title'>
<h3 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h3>
</b:if>Kode yang dicetak tebal(warna orange) dihapus dan ubah dari h3(atau pada beberapa template menggunakan h2) menjadi h1. Setelah itu tambahkan kode berikut sebelum kode ]]></b:skin>

h1.post-title, .post h1 #Blog1 h1, #Blog2 h1 { font-size:1.5em; }

Nah, jadi itulah beberapa tutorial cara Membuat template blogspot agar SEO friendly yang saya terapkan pada blog catatan saya ini.Dan semoga dengan membuat template blogspot SEO friendly ini blog kita akan sedikit demi sedikit akan lebih rame. Dan jangan lupa juga ramenya visitor sebuah blog juga banyak hal yang perlu dilakukan seperti melakukan promosi blog dan terus memperbanyak isi content.

Buat sobat yang mau berbagi tips SEO friendly lainnya,atau ada kritik dan sarannya buat catatan saya ini,saya mohon pencerahannya pada kolom komentar blog ini.Terima kasih sebelum dan sesudahnya.

Contact

About us

Darmanto.com merupakan web bagian dari situs resmi grup usaha CV. Studio Web, sebuah perusahaan layanan jasa desain website, jasa SEO, Google adwords, Facebook ads, maintenance web dan jasa lain yang terkait website.

Alamat:

Desa Cibuyur Rt. 036/05, Warungpring, Pemalang, Jawa Tengah

Jam Kerja:

Senin- Sabtu, 08.00 to 17.00 WIB

Call Center,Telpon/SMS/WA:

0817 0133 458 BBM: 5B5A6B61