Beranda » Uncategorized » Hukum tidak berpuasa bulan Ramadhan

Hukum tidak berpuasa bulan Ramadhan

T Diposting oleh pada 19 July 2012
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 206 kali
Di Larang Makan

Hukum tidak berpuasa bulan Ramadhan.Bagaimana hukum orang yang berpuasa beberapa hari dalam bulan Ramadhan tetapi berbuka (tidak berpuasa) selama beberapa hari dengan sengaja? Apakah hari-hari selama ia berpuasa itu diperhitungkan?

Kejadian seperti ini sering didapati di masyarakat. Seseorang yang menyatakan dirinya Islam dengan entengnya meninggalkan puasa dengan entengnya tanpa merasa berdosa. Apakah hukum bagi mereka yang berbuat demikian?

Syekh Yusuf Qardhawi menguraikan hal ini dalam fatwanya. Dia berpendapat bahwa segala sesuatu masing-masing ada perhitungannya. Dan dalam kasus ini letak permasalahannya bukanlah pada perhitungan hari-hari ia berpuasa, tetapi mengenai hari-hari pada saat ia tidak berpuasa—dapat diganti ataukah tidak.

Satu hari dari bulan Ramadhan tidak dapat digantikan kecuali oleh satu hari dari bulan Ramadhan yang lain. Sedangkan pada setiap bulan Ramadhan seorang Muslim senantiasa mempunyai kewajiban berpuasa, dan kewajiban ini tidak mungkin dapat dihindarkan.

Oleh karena itulah, Abu Hurairah RA pernah berkata, “Barangsiapa tidak berpuasa sehari dari hari-hari Ramadhan maka tidak dapat digantikan oleh hari yang lain dari hari-hari dunia.”

Diriwayatkan pula bahwa ada seorang laki-laki yang berbuka (membatalkan) puasa pada bulan Ramadhan, lalu Abu Hurairah berkata, “Tidak diterima darinya puasa setahun (sebagai gantinya).”

Dan diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud, dia berkata, “Barangsiapa yang tidak berpuasa selama satu hari dari bulan Ramadhan tanpa ada rukhshah untuknya, maka tidaklah dia dapat menggantikannya meskipun dengan berpuasa setahun.”

Fatwa seperti ini diriwayatkan pula dari Abu Bakar dan Ali. Oleh karena itu, hendaklah setiap Muslim takut kepada Allah dalam urusan agamanya, dan hendaklah ia memiliki kemauan yang keras untuk melaksanakan puasa Ramadhan serta mengalahkan hawa nafsu dan syahwatnya. Barangsiapa yang kalah (gagal) dalam menghadapi perutnya sendiri, maka ia tidak akan mendapat kemenangan dalam lapangan apa pun. Wallahu’alam.
(Sumber)

Diposting oleh

Owner CV. Studio Web, sebuah perusahaan jasa pembuatan website SEO, jasa desain blog, google adwords, jasa SEO profesional. Hubungi telpon/SMS/WA: 08170133458 untuk respon layanan cepat

Belum ada Komentar untuk Hukum tidak berpuasa bulan Ramadhan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Hukum tidak berpuasa bulan Ramadhan

Tukar Link Dengan Blog Ini

Tukar Link Dengan Blog Ini

T 16 September 2012F A Darmanto SEO

Mohon maaf kepada sobat semua,Tukar Link Dengan Blog Ini saat ini sudah tidak bisa saya layani. Beberapa hal yang menjadi penyebab tukar link dengan blog ini tidak bisa saya layani karena saat ini saya sudah tidak bisa menyediakan laman khusus... Selengkapnya

Tempat Mempharse Kode Script

Tempat Mempharse Kode Script

T 8 October 2012F A Darmanto SEO

Sobat sedang membaca artikel tentang Tempat Mempharse

Cara Mengatasi Duplikat Konten Karena Halaman Versi Seluler

Cara Mengatasi Duplikat Konten Karena Halaman Versi Seluler

T 5 May 2014F A Darmanto SEO

Cara Mengatasi Duplikat Konten Karena Halaman Versi Seluler – Duplikat konten adalah salah satu hal yang tidak boleh ada karena bila ada duplikat content,mbah google tidak menyukai blog kita dan berakibat terhadap kurang maksimalnya SEO Website / blog kita.Duplikat konten... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.