Beranda » Uncategorized » Hukum tidak berpuasa bulan Ramadhan

Hukum tidak berpuasa bulan Ramadhan

T Diposting oleh pada 19 July 2012
F Kategori
b Comments Off on Hukum tidak berpuasa bulan Ramadhan
@ Dilihat 113 kali
Di Larang Makan

Hukum tidak berpuasa bulan Ramadhan.Bagaimana hukum orang yang berpuasa beberapa hari dalam bulan Ramadhan tetapi berbuka (tidak berpuasa) selama beberapa hari dengan sengaja? Apakah hari-hari selama ia berpuasa itu diperhitungkan?

Kejadian seperti ini sering didapati di masyarakat. Seseorang yang menyatakan dirinya Islam dengan entengnya meninggalkan puasa dengan entengnya tanpa merasa berdosa. Apakah hukum bagi mereka yang berbuat demikian?

Syekh Yusuf Qardhawi menguraikan hal ini dalam fatwanya. Dia berpendapat bahwa segala sesuatu masing-masing ada perhitungannya. Dan dalam kasus ini letak permasalahannya bukanlah pada perhitungan hari-hari ia berpuasa, tetapi mengenai hari-hari pada saat ia tidak berpuasa—dapat diganti ataukah tidak.

Satu hari dari bulan Ramadhan tidak dapat digantikan kecuali oleh satu hari dari bulan Ramadhan yang lain. Sedangkan pada setiap bulan Ramadhan seorang Muslim senantiasa mempunyai kewajiban berpuasa, dan kewajiban ini tidak mungkin dapat dihindarkan.

Oleh karena itulah, Abu Hurairah RA pernah berkata, “Barangsiapa tidak berpuasa sehari dari hari-hari Ramadhan maka tidak dapat digantikan oleh hari yang lain dari hari-hari dunia.”

Diriwayatkan pula bahwa ada seorang laki-laki yang berbuka (membatalkan) puasa pada bulan Ramadhan, lalu Abu Hurairah berkata, “Tidak diterima darinya puasa setahun (sebagai gantinya).”

Dan diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud, dia berkata, “Barangsiapa yang tidak berpuasa selama satu hari dari bulan Ramadhan tanpa ada rukhshah untuknya, maka tidaklah dia dapat menggantikannya meskipun dengan berpuasa setahun.”

Fatwa seperti ini diriwayatkan pula dari Abu Bakar dan Ali. Oleh karena itu, hendaklah setiap Muslim takut kepada Allah dalam urusan agamanya, dan hendaklah ia memiliki kemauan yang keras untuk melaksanakan puasa Ramadhan serta mengalahkan hawa nafsu dan syahwatnya. Barangsiapa yang kalah (gagal) dalam menghadapi perutnya sendiri, maka ia tidak akan mendapat kemenangan dalam lapangan apa pun. Wallahu’alam.
(Sumber)

Komentar dinonaktifkan: Hukum tidak berpuasa bulan Ramadhan

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Hukum tidak berpuasa bulan Ramadhan

Cara Memperbesar Penis Secara Alami

T 17 June 2013F A admin

Cara Memperbesar Penis Secara Alami – Penis adalah alat vital pria yang paling penting.Alat vital yang besar dan panjang merupakan idaman hampir setiap pria. Tidak jarang dan banyak terjadi hubungan rumah tangga sering berantakan karena ketidak puasan pasangan dan akhirnya... Selengkapnya

Tips SEO #1: Jangan Setting Private Domain

T 13 December 2014F A admin

Setting Private Domain mungkin dari sebagian sobat +Darmanto Kedbel  ada yang saat ini melakukkannya. Tahukah sobat bahwa melakukan private domain bisa mempengaruhi peringkat suatu website. Hal itu di karenakan sebuah domain yang status kepemilikannya disembunyikan dianggap domain tersebut memiliki rahasia... Selengkapnya

Papeling Media Berorganisasi dan Bersilaturahmi

T 3 December 2011F A admin

Foto bersama para Pengurus Papeling di Trans 7 Setelah bertemu Papeling setahun yang lalu, tidak terasa banyak sekali manfaat  maupun  hikmah yang saya dapat. Papeling media berorganisai Sahabat Darmanto,Papeling saya katakan sebagai media berorganisasi karena memang melalui organisasi inilah saya... Selengkapnya

+ SIDEBAR
tempat belajar seo

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.