Beranda » Uncategorized » Berbagai Mobil Karya Anak Negeri Yang Terabaikan

Berbagai Mobil Karya Anak Negeri Yang Terabaikan

T Diposting oleh pada 5 January 2012
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 308 kali
Mobil Esemka

Sobat Darmanto,dalam catatan saya kali ini,saya masih ingin berbagi catatan seputar Mobil Esemka.Setelah Beberapa waktu lalu catatan saya menulis tentang Mobil Esemka yang mulai banyak diminati oleh berbagi masyarakat di seluruh penjuru Indonesia,dalam catatan kali ini saya ingin mengingatkan kembali tentang berbagai Mobil karya anak negeri yang terabaikan.Mobil-mobil ini dulu waktu pertama keluar,berbagai kalangan memujinya,namun pada akhirnya mobil-mobil karya anak negeri ini terabaikan.
Jika ditelisik,Mobil Esemka bukanlah mobil pertama yang berhasil diciptakan oleh generasi muda Indonesia. Mobil-mobil karya anak bangsa lainnya juga lebih dulu hadir, seperti Komodo, Tawon, Gea, Marlip, Maleo, Wakaba, Timor, Esemka Digdaya.

Komodo
Mobil ini merupakan kreasi PT Fin Komodo Indonesia yang berpusat di Cimahi Jawa Barat. Mobil offroad jenis Cruiser ini dirancang oleh salah satu desainer pesawat CN-250 Gatotkaca, Ibnu Susilo.

Komodo diklaim mampu melintasi hutan sejauh 100 Km dalam waktu 6-7 jam, dan tingkat konsumsi bahan bakar kurang lebih hanya 5 liter. Mobil dua penumpang ini, juga dapat digunakan untuk mengangkut beban (barang bawaan) seberat 250 Kg, sehingga dapat juga berfungsi sebagai kendaraan utility. Komodo punya fitur self-recovery yang membuatnya tidak bisa terguling.

Tawon
Mobil Tawon diproduksi PT Super Gasindo Jaya. Tawon merupakan calon mobil nasional yang paling siap diproduksi. Tawon telah mengadopsi sistem suspensi depan ferguson dan suspensi belakang per pegas daun. Sedangkan sistem injeksi bahan bakar masih menggunakan karburator.

Dengan mesin 650 cc, Tawon mampu melaju dengan kecepatan maksimal 90 km/jam dengan putaran torsi maksimal 5.300 rpm. Konsumsi bahan bakar boleh dibilang irit. Saat dilakukan uji coba, tercatat 1 liter bensin mampu menempuh jarak 25 kilometer.

Gea
Gea merupakan mobil hasil riset PT INKA (Industri Kereta Api) dengan mesin Rusnas (Riset Unggulan Strategis Nasional). Mobil mungil ini dibekali mesin berkapastias 650 cc, dan dapat dipacu sampai dengan kecepatan 90 km/jam. Mobil ini sudah sampai tahap uji coba produksi.

Mobil jenis city car ini diklaim memiliki beberapa keunggulan dari segi fitur dan desain. Dan digadang-gadang mampu bersaing dengan mobil China, Chery QQ.

Marlip

Marlip adalah mobil listrik yang cocok digunakan untuk mobil golf dan mobil keamanan. Mobil ini merupakan hasil pengembangan dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan dipasarkan PT Marlip Indo Mandiri. Marlip juga punya varian mobil empat penumpang dengan kecepatan mencapai 50 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 120 km.

Maleo
Maleo merupakan calon mobil nasional yang dikembangkan pada tahun 1993, oleh IPTN yang bekerjasama dengan Rover, Inggris dan Millard Design Australia. Tapi sayangnya, akibat krisis moneter 1997, proyek ini terhenti.

Wakaba
Mobil Wakaba (Wahana Karya Anak Bangsa) adalah buatan komunitas otomotif dan Disperindag Jawa Barat. Kendaraan ini dirancang untuk berbagai jenis, yakni mobil pengolah lahan, mobil angkut hasil pertanian, mobil pengolahan hasil pertanian, mobil angkutan umum pedesaan, mobil perkebunan serta mobil penjualan.

Timor
Mungkin ini mobil nasional yang terbilang cukup sukses di tahun 90-an. Timor (Teknologi Industri Mobil Rakyat), sejatinya adalah mobil KIA Sephia dengan ide mengimpor mobil namun dengan komponen lokal. Bersamaan dengan Timor, hadir juga Bimantara dengan produknya Bimantara Cakra.

Esemka Digdaya
Esemka Digdaya adalah proyek mobil nasional yang dikerjakan oleh siswa SMK 1 Singosari Malang. Mobil double kabin ini menggunakan kerangka Isuzu Panther dengan suspensi dari Mitsubishi L300.
Sedangkan dapur pacunya, mobil ini mengadalkan mesin injeksi eks Timor berkapasitas 1.500 cc. Pembuatan mobil prototipe ini menghabiskan biaya sekitar Rp100-175 juta.
Tapi sayangnya, mobil-mobil karya anak bangsa ini tidak mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. Mereka bahkan tidak dapat tempat atau stand khusus dalam ajang pameran otomotif terbesar di tanah air, IIMS (Indonesia Internasional Motor Show).
Pemerintah terlihat lebih memberikan porsi yang lebih besar kepada produsen-produsen luar negeri, seperti Jepang, Korsel, dan China.

Ok sobat Darmanto,itulah Berbagai mobil karya anak negeri yang terabaikan,mari kita berdo’a saja,semoga Mobil Esemka tidak akan mengalami hal seperti mobil-mobil karya anak negeri yang lain,yang pada akhirnya terabaikan,terlupakan,dan lebih menyakitkan terpinggirkan.
Semoga pemerintah kita yang kita cintai benar-benar mendukung mobil-mobil karya anak negeri.Dukungan pemerintah salah satunya dengan mulai menggunakan mobil-mobil karya anak negeri seperti yang dilakukan oleh walikota Solo,Joko Widodo.
Amiiin….

Sumber
:http://otomotif.vivanews.com/news/read/276965-video–mobil-kiat-esemka-buatan-indonesia

Diposting oleh

Owner CV. Studio Web, sebuah perusahaan jasa pembuatan website SEO, jasa desain blog, google adwords, jasa SEO profesional. Hubungi CS Kami telpon/SMS/WA: 082310361484 (Puspa) untuk respon layanan cepat

Belum ada Komentar untuk Berbagai Mobil Karya Anak Negeri Yang Terabaikan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Berbagai Mobil Karya Anak Negeri Yang Terabaikan

Inilah Obat Dan Susu Peninggi Badan Ampuh Yang Perlu Anda Coba

T 24 January 2016F A Darmanto SEO

Inilah Obat Dan Susu Peninggi Badan Ampuh yang perlu Anda coba. Memiliki tinggi badan yang kurang ideal biasanya menimbulkan rasa kurang percaya diri bagi pemilik badan tersebut. Contoh sederhananya bila Anda seorang lelaki yang kebetulan tinggi badan Anda lebih rendah dari... Selengkapnya

Bertemu Papeling

T 24 November 2011F A Darmanto SEO

Kali ini Darmanto mau berbagi catatan harian tentang pertemuan saya dengan Papeling.Buat yang belum tahu siapa Papeling,saya kenalin dulu yah siapa itu Papeling. Papeling itu adalah singkatan dari Paguyuban Perantau Purbalingga.Sebuah paguyuban yang didirikan buat mewadahi para perantau purbalingga. Di... Selengkapnya

Cara Mudah Mendiagnostik Penjelajahan Aman Suatu Web Yang Akan di Kunjungi

T 25 December 2014F A Darmanto SEO

Pernahkah Anda ragu mengunjungi suatu website yang di curigai membawa virus? Mungkin adakalanya Anda ketika mau mengunjungi suatu website/webblog mendapatkan peringatan tentang adanya suatu walmare atau semacamnya yang membahayakan komputer kita bila kitaa mengunjungi websitge tersebut. Nah bila Anda ingin... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Legalitas Usaha

CV. STUDIO WEB
SIUP: 503.9/192/KPPT/PMK/11-22/II/2015
TDP: 112236321645
Akta Notaris no. 01
Detail Legalitas Kami Klik disini

Alamat

Office:
Jl. Raya Gili Tugel – Kreo KM 1, Rt. 039 Rw. 005

Desa Cibuyur, Kec. Warungpring

Kab. Pemalang, Jawa Tengah,52358